Atasi Stress Saat Kuliah di Masa Pandemi

5 Tips Atasi Stress Saat Kuliah di Masa Pandemi

5 Tips Atasi Stress Saat Kuliah di Masa Pandemi-Saat masa pandemi, semua aktifitas diadakan secara online mulai dari bekerja, berbelanja, hingga proses belajar mengajar. Karena adanya pandemi, kini seluruh tingkat pendidikan yang ada di Indonesia tak lagi mengadakan proses pembelajaran secara tatap muka (konvensional). Sebagai gantinya, proses pembelajaran tersebut diadakan secara online menggunakan aplikasi daring. Seperti G-meet, Zoom, Google Classroom, dan lain sebagainya.

Awalnya,  mahasiswa merasa gembira akan hal itu karena banyak diantara mereka yang ber-ekspektasi bahwa dengan belajar secara online akan dengan mudah dalam belajar. Tapi kenyataan nya, tidak. Hampir semua mahasiswa mengeluh akan belajar secara online. Alasannya, karena terbatasnya jaringan, kuota internet yang cepat habis, dan banyak sekali materi yang diajarkan oleh dosen tidak dapat dipahami dengan baik.

Baca Juga : 4 Cara ini harus Dilakukan Agar Menjadi Juara Kelas

Hal itu menjadikan mahasiswa banyak yang stress akibat belajar secara online. Untuk mengatasi hal itu, disini disajikan Tips Atasi Stress Saat Kuliah di Masa Pandemi.

5 Tips Atasi Stress Saat Kuliah di Masa Pandemi

Berolahraga

Selama seharian penuh tidak baik jika tubuh terus dipaksa untuk belajar apalagi hanya di depan laptop dan notebook. Karena itu akan menjadikan tubuh tidak bergerak. Dan akan mengakibatkan tubuh kita kaku dan cepat merasakan kram. Untuk mencegah hal itu, biasakan diri untuk tetap olahraga di pagi hari. Selain membuat tubuh akan menjadi lebih sehat, olahraga juga menjadi salah satu cara atasi stress saat kuliah di masa pandemi.

Tidur Yang Cukup 

Tidur yang cukup minimal 8 jam sehari  kemungkinan besar, badan akan menjadi fresh disaat bangun. Selain itu, konsentrasi yang dimiliki pun kuat untuk menangkap materi yang disampaikan ketika berlangsung nya pembelajaran.

Melakukan Hal Yang di Sukai

Dengan banyak nya tugas yang diberikan oleh dosen membuat kita menjadi jenuh. Hal itu pastinya akan membuat otak kita cepat lelah. Nah, untuk mencegah hal itu terjadi maka lakukan lah hal yang disukai mulai dari melakukan hobi yang di sukai sampai dengan aktifitas yang tidak membosankan. Melakukan hal yang disukai juga merupakan cara atasi stress saat kuliah di masa pandemi.

Baca Juga : Tips Jaga Kesehatan Mata Selama Belajar Daring

Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Dengan mengkonsumsi makanan bergizi, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan akan menaikkan sistem imun. Selain itu mengkonsumsi makanan yang bergizi dapat menjadikan tubuh kuat dan ber-energi. Hal ini akan menjadikan kita semangat dalam menjalani hari.

Kurangi Membaca dan Menonton TV Yang Membahas Corona

Memang menonton berita atau membaca artikel itu baik untuk menambah wawasan. Tapi hal itu ,  jangan dibiasakan untuk selalu menonton berita maupun membaca yang membahas mengenai corona. Karena akibatnya akan menjadi mudah stress dan tidak semangat untuk menjalani hidup Dan dapat ber asumsi ke hal yang negatif. Untuk itu biasa kan diri untuk menonton atau membaca artikel yang tidak membuat pening.

 

 

 

13 Januari 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *