MAN 1 Karanganyar Adakan Dakwah Daring selama Ramadhan 1441 H

MAN 1 Karanganyar Adakan Dakwah Daring selama Ramadhan 1441 H

MAN 1 Karanganyar Adakan Dakwah Daring selama Ramadhan 1441 H – Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim di dunia. Dimana pada bulan itu,  umat muslim berkumpul memperbanyak melakukan kegiatan ibadah seperti kajian bersama, pesantren kila & silaturahmi. Namun, rutinitas tersebut kini terhambat dengan adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan kita menjaga physical distancing.

Masalah diatas membuat pakar IT berinovasi mengadakan event online untuk mengisi kegiatan yang biasa dilakukan secara offline kini dilakukan secara online. Salah satu contohnya adalah MAN 1 Karanganyar dengan mengadakan Dakwah Ramadhan Daring.

MAN 1 Karanganyar Adakan Dakwah Daring selama Ramadhan 1441 H

MAN 1 Karanganyar Adakan Dakwah Daring selama Ramadhan 1441 H

MAN 1 Karanganyar menjadi sekolah yang tetap berpartisipasi dalam menyelenggarakan dakwah dalam jaringan (daring). Sekolah ini mengerahkan siswanya untuk tetap berkarya di tengah pandemi.  Hasil karya siswa dalam program Dakwah Ramadhan akan ditayangkan pada Channel Youtube Madrasah TV MAN 1 Karanganyar.

Baca Juga, Beasiswa Kuliah S1 STMIK Nusa Mandiri

Tidak tanggung-tanggung, program ini menghadirkan pemateri yang sangat kompeten. Materi yang disampaikan juga sangat bervariatif dan menarik. Program ini dijalankan dengan satu pemateri dan satu pemandu. Program Dakwah Ramadhan Daring MAN 1 Karanganyar juga dijadwalkan tayang setiap hari.

Semua kegiatan dan aktifitas di MAN 1 Karanganyar di desain secara online selama Covid-19 pandemi. Dakwah Ramadhan  online menjadi salah satu aktivitas dari MAN 1 Karanganyar dalam pandevi covid untuk tetap memberikan manfaat karena sebaik-baik manusia adalah yang memberikan banyak manfaat untuk orang lain”. Ucap Dr. H. Lanjar Utami,M.Pd selaku kepala sekolah MAN 1 Karanganyar.

Proses pengambilan gambar dilakukan dengan tetap memperhatikan physycal distancing sehingga tetap aman. Shooting dilaksankaan di laboratorium multimedia MAN 1 Karanganyar. Beberapa pengambilan gambar juga dilakukan secara outdoor. Program ini dapat diselenggarakan karena partisipasi dari siswa Multimedia, Guru, dan Staf, Presenter, dan Tim Dakwah Ramadhan Online MAN 1 Karanganyar.

Dakwah Daring MAN 1 Karanganyar Selama Ramadhan 1441 H
Jadwal Tayang Dakwah Ramadhan; MAN 1 Karanganyar

Partisipasi dari siswa juga menjadi salah satu kegiatan agar tidak bosan berada dirumah. Setiap tayangan dakwah juga dapat dirangkum oleh siswa-siswi MAN 1 Karanganyar sebagai bentuk tugas yang tidak terlalu memberatkan. Selain itu, dengan adanya dakwah Ramadhan, para siswa juga dapat terus menyimak materi dari setiap dakwah sebagai bentuk kegiatan positif selama bulan Ramadhan ditengah pandemi.

Alhamdulillah dari pada dirumah terus bosan. Beberapa siswa ada yang ditugaskan untuk liputan. Ini juga bisa untuk tugas anak-anak dirumah untuk merangkum acara ini sehingga menjadi konten untuk pembelajaran. Proses awalnya sulit dan melelahkan namun alhamdulillah tetap bisa dilaksanakan” Ujar Pak Iwan salah satu guru di MAN 1 Karanganyar.

Berbagai metode pembelajaran secara daring di tengah pandemi dapat dilakukan agar siswa tidak merasa bosan. Kreativitas MAN 1 Karanganyar dalam menggalakkan kegiatan di bulan suci juga menjadi bentuk partisipasinya terhadap kebijakan pemerintah untuk tetap dirumah saja.

Banyak sekali hal positif yang dapat dilakukan untuk untuk menghadapi pandemi. Walaupun hanya dirumah, namun jika ada kemauan dan kemampuan maka bukan tidak mungkin kita dapat melakukan berbagai aktivitas. Dengan adanya pandemi kita juga dituntut untuk lebih kreativ lagi dan memberikan karya terbaik yang bermanfaat untuk orang lain.

Dengan dakwah diharapkan setiap insan dapat selalu teringat akan indahnya bulan Ramadhan. Pandemi bukan menjadi halangan untuk tetap beribadah dan berdakwah. MAN 1 Karanganyar menjadi salah satu contoh penggerak untuk tetap beraktifitas di bulan Ramadhan dengan kegiatan yang positif dan memberikan manfaat untuk orang lain.

Mei 13, 2020
20

Penulis: Eka Rahmawati

Memiliki minat di content writer, membuat saya ingin terus berkarya untuk membuat berbagai konten yang menarik.

20 comments on “MAN 1 Karanganyar Adakan Dakwah Daring selama Ramadhan 1441 H”

  1. alhamdulilah tetap bisa melaksanakan kegiatan positif walaupun dirumah aja. semoga wabah ini segera berakhir. Amin

  2. Siswa MAN 1 Karanganyar sangat kreatif & berinovasi mengadakan event online untuk mengisi kegiatan yang positif di bulan ramadhan

  3. Kereeennn. Walopun dirumah aja tapi banyak banget hal positif yang masih bisa kita lakuin. Nice info min👍🏽

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *