Jumat, September 23, 2022

Sobat Minat Jadi Data Scientist? Inilah Tren Data Science di Tahun 2022

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Sobat Sekolah, Jakarta – Data science merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang manfaat data yang tertimbun begitu banyak, baik yang terstruktur ataupun tidak. Timbunan data ini, akan digunakan sebagai rujukan dalam pengambilan keputusan.

Tren data science juga dapat menentukan arah bisnis masa depan, sehingga bidang ilmu ini sangat menjadi perhatian di dunia bisnis.

Baca Juga : Ingin Jadi Data Scientist, Siapa Takut? Generasi Milenial Wajib Miliki 7 Skill Ini

Berikut Tren Data Science 2022 dan Penjelasannya

Small Data

Kumpulan data dengan format yang lebih kecil, sering disebut small data. Akan tetapi, sekumpulan data kecil ini tetap mudah diakses dan diproses, sehingga tetap dapat memberi informasi terkait solusi atas suatu permasalahan. Small data ini mudah untuk digunakan, sebab terdiri dari potongan data dalam ukuran kecil.

TinyML

Memiliki tenaga yang lebih hemat, TinyML masih termasuk dalam machine learning yang memiliki biaya lebih murah, juga dapat bekerja tanpa koneksi internet. TinyML sendiri merupakan kolaborasi antara sistem tertanam dengan konsumsi daya yang rendah.

Selain itu, teknologi perangkat lunak ini mampu menghidupkan miliaran perangkat. TinyML dapat digunakan untuk menganalisis data sensor pada perangkat dengan konsumsi daya yang sangat rendah. Berkat pengembangan TinyMLl lebih lanjut, model-model ini dapat dijalankan pada perangkat keras mikrokontroler yang ada.

Pengalaman Pelanggan Berbasis Data

Bisnis E-commerce, memiliki manfaat yang cukup kuat. Punya pengalaman belanja secara online, tentu menyenangkan dan begitu memudahkan bagi pelanggan. Dengan mengumpulkan data-data review dan testimoni dari para pelanggan, tentu memiliki manfaat dalam menemukan metode dan strategi baru dalam berbisnis. Tren ini akan menjadi fokus bagi para data scientist.

Baca Juga : Generasi Milenial Harus Punya Bekal Hadapi Tantangan Era Society

Konvergensi

Transformasi digital kini semakin nyata, penggunaan miliaran data yang tertimbun, menjadi bahan bakar dalam pengolahannya. Teknologi berinovasi untuk menemukan solusi-solusi terbaik bagi setiap permasalahan. Algoritma artificial intelligence, memungkinkan perangkat Internet of Things (IoT) memainkan peran yang penting dalam hal ini.

AutoML

Automated Machine Learning (AutoML) menjadi hal yang cukup menarik di tahun 2022. Data scientist menghabiskan waktu untuk pembersihan dan persiapan data, tugasnya memerlukan keterampilan data yang seringkali perlu dikaji secara berulang.

AutoML pada dasarnya dapat membuat tugas-tugas selesai dengan otomatis. Lewat interface yang sederhana dan ramah bagi pengguna, AutoML dapat diterapkan pada machine learning, sehingga para pengguna dapat lebih cepat dalam memecahkan permasalahan atau menguji ide-ide inovasi terbaru.

Menarik bukan?? Data science memang kini kian menjadi tren dan cukup menarik untuk dipelajari dan ditekuni. Banyak perusahaan mulai menggunakan miliaran data sebagai informasi dalam memecahkan permasalahan. Generasi muda wajib belajar dan perlu mengetahui bidang data science ini.

Saat ini, banyak berbagai pelatihan, seminar, workshop bahkan perguruan tinggi yang secara konsentrasi menyediakan tempat untuk menekuni bidang ilmu satu ini. Salah satu jurusan yang mempelajari tentang Data Science adalah jurusan Sains Data. Perguruan tinggi yang telah membuka jurusan Sains Data yakni Universitas Nusa Mandiri (UNM).

Tati Mardiana, selaku ketua program studi (kaprodi) Sains Data UNM mengatakan, prodi (program studi) Sains Data akan mengajak generasi muda untuk menekuni dan mempelajari bidang data science sebagai bekal menjawab segala tantangan yang ada di era ini.

“Sinergi dengan visi yang ada, prodi Sains Data UNM dengan jenjang pendidikan Sarjana akan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berinovasi, di bidang teknologi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan dunia industri,” katanya pada media, Selasa (26/4).

Menurutnya, saat ini profesi data scientist banyak menjadi incaran perusahaan besar dalam dan luar negeri. Maka, sudah selayaknya perguruan tinggi membina dan mendidik mahasiswa/i untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

“Inilah kesempatannya, mahasiswa sebagai generasi muda, harus terus berinovasi dan mengikuti tren agar kompetensinya mampu terserap di dunia kerja dan dunia industri,” tutupnya.

Sebagai informasi, UNM telah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk perkuliahan periode September 2022. Untuk daftar di UNM, bisa melalui 2 cara, pertama melalui aplikasi MyNusa PMB atau melalui laman pmb.nusamandiri.ac.id.

Tambahan nih sob, di UNM kamu juga cicil biaya kuliahnya perbulan, melalui aplikasi Danacita. Sekarang, tinggal maunya aja untuk kuliah dan belajar, segala kemudahannya sudah disediakan oleh UNM.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Universitas Nusa Mandiri Hadirkan Seminar Berskala Nasional Bersama IEEE WIE

Sobat Sekolah, Depok - Universitas Nusa Mandiri (UNM) hadirkan seminar berskala nasional bekerja sama dengan IEEE (Institute of Electrical...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -