Perbedaan IQ EQ dan SQ, Sobat Sekolah Harus Tahu Ini!!!

perbedaan IQ EQ dan SQ

Sobatsekolah.com – Kecerdasan manusia terbagi menjadi 3 jenis, yaitu IQ (Intellectual Quotient), EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient). Ketiganya cenderung sama namun ternyata memiliki perbedaan yang signifikan.

Perbedaan IQ EQ dan SQ terletak pada arti dan juga jenisnya, sebagaimana yang dikutip dari kumparan.com, bahwa IQ EQ dan SQ jelas berbeda.

Baca Juga : Kecerdasan Emosional? Apa sih Itu?? Yuk, Simak Arti Serta 5 Ciri-Cirinya!!!

Perbedaan IQ EQ dan SQ

IQ (Intellectual Quotient) 

IQ (Intellectual Quotient) merupakan kecerdasan yang terbentuk atas proses pembelajaran dan pengalaman hidup. IQ menggambarkan seseorang dalam berfikir, mengolah, menguasai lingkungan dan bertindak secara terarah.

Mengutip dari kompas.com, bahwa faktor genetik memiliki peran yang penting dalam pembentukan IQ. Oleh sebab itu, tingkat IQ seseorang tidak jauh berbeda dari kecil hingga dewasa.

Namun, tidak menutup kemungkinan adanya hal lain yang memengaruhi tingkat kecerdasan intelektual seseorang, seperti lingkungan dan ilmu pengetahuan yang didapat selama proses akademik.

Menurut psikolog Harvard Howard Gardner, tedapat delapan jenis IQ manusia, antara lain :

  • Kecerdasan linguistik (verbal-linguistic)
  • Kecerdasan matematik atau logika (logical-mathematical)
  • Kecerdasan spasial (visual-spatial)
  • Kecerdasan kinetik dan jasmani (bodily-kinesthetic)
  • Kecerdasan musikal (music-rhythmic and harmonic)
  • Kecerdasan interpersonal (interpersonal)
  • Kecerdasan intrapersonal (intrapersonal)
  • Kecerdasan naturalis (naturalistic)

EQ (Emotional Quotient)

Beda halnya dengan EQ (Emotional Quotient) merupakan kemampuan seseorang dalam mengontrol emosi sampai dengan mengelola emosi dengan baik.

Kecerdasan emosional juga berbicara tentang perasaan diri sendiri dan orang lain, empati, cinta serta kemampuan dalam menanggapi berbagai situasi.

Kecerdasan emosional sangat diperlukan dalam dunia kerja. Sebab, kecerdasan emosional memiliki pengaruh penting agar bisa menjalin hubungan dengan baik.

Beda halnya dengan IQ, EQ memiliki lima kategori yang terdiri dari kesadaran diri, mengatur emosi, motivasi, empati dan kemampuan bersosialisasi. EQ tidak sejalan dengan IQ. Terkadang seseorang yang memiliki IQ rendah bisa saja memiliki EQ yang tinggi, kebalikannya ada juga yang memiliki IQ tinggi tapi EQnya rendah.

Baca Juga :Sedang Ujian Sekolah? Inilah 5 Tips Agar Waktu Belajarmu Lebih Efektif 

SQ (Spiritual Quotient)

Dari dua kecerdasan di atas terdapat kecerdasan lain, yang sangat jarang dibahas yaitu SQ (spiritual quotient).

SQ merupakan kecerdasan seseorang paling mendasar, SQ merupakan kecerdasan untuk mengembangkan kapasitas seseorang dalam mencari makna dan visi dalam hidup. 

SQ memiliki tiga aspek yang harus diperhatian, yakni tanggung jawab, kemanusiaan, dan kebahagiaan. Dari ketiga aspek tersebut, akan membantu seseorang untuk mengekspolrasi dii agar bisa menemukan dan mengembangkan potensi terbaik hingga akhirnya hiduppun jadi lebih berwarna. 

Nah, itulah tadi pengertian dan juga perbedaan IQ EQ dan SQ. Dengan mengetahui perbedaan IQ EQ dan SQ ini, kamu akan tahu IQ EQ dan SQ yang kamu miliki. 

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *