Senin, Agustus 15, 2022

Penilaian Akhir Semester (PAS), Simak Arti dan Tips Belajar Menghadapi PAS

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Penilaian Akhir Semester (PAS) – Hallo sobat sekolah!!! Apakah Saat ini kamu sedang menghadapi beberapa ujian tulis di sekolah mu? pasti dari beberapa ujian yang ada di sekolah, tak lepas dari PAS. PAS atau Penilaian Akhir Semester merupakan salah satu syarat kenaikan kelas, dan di tahap inilah sobat harus dapat memahami semua materi  yang telah disampaikan oleh guru sobat.

Sebelum melanjutkan pembahasan lebih luas dari PAS, alangkah baiknya kita harus mencari tahu terlebih dahulu arti dari tiap ujian sekolah yang diujikan, yakni PTS, PAS, PAT dan PH.

Baca Juga : Ikuti Tryout PAS dari MTryout, Raih Kesempatan Dapat Laptop Gratis

Arti Dari Penilaian Tengah Semester

Penilaian Tengah Semester sebelumnya disebut dengan UTS atau Ujian Tengah Semester. Meski sekarang penyebutannya berbeda namun inti kegiatan dari program yang dijalankan sama, yakni melakukan pengujian terhadap siswa pada saat tengah semester atau triwulan.

Namun yang membedakan pada saat pandemi adalah metode pembelajaran atau penilaian menggunakan portofolio maupun secara daring. Selain itu di tahun 2021 ini ujian atau proses pengambilan nilai tidak bisa dilakukan secara tatap muka langsung.

Arti Dari Penilaian Akhir Semester

Penilaian Akhir Semester dapat dikatakan sama seperti Ujian Akhir Semester atau UAS. Sama dengan ujian PTS ujian ini juga tidak bisa dilakukan dengan cara mengumpulkan seluruh siswa untuk mengikuti tes. Hal ini diputuskan untuk mencegah dan meminimalisir rantai penyebaran virus Corona.

Penilaian ini dilakukan pada semester ganjil atau yang bisa disebut semester satu. Pada pengambilan nilai ini pun, pihak sekolah tidak bisa mengumpulkan siswa tanpa adanya izin dari pemerintah. Dengan demikian proses pengambilan nilai pun dilakukan secara daring, luring atau campuran.

Arti Dari Penilaian Akhir Tahun

Ujian Kenaikan Kelas tentu menjadi sebutan yang sangat akrab bagi para alumni ataupun kakak tingkat yang pernah mengenyam pendidikan dasar, menengah dan atas. Namun bagi pelajar muda milenial, sebutan itu berubah menjadi Penilaian Akhir Tahun.

Bagaimana prosedur yang berlaku pada ujian ini. Lebih tepatnya penilaian ini dikonotasikan sebagai pengambilan nilai dengan tes secara online maupun tanpa jaringan, serta tak terlepas dari langkah mengantisipasi penyebaran virus menular.

Arti Dari Penilaian Harian

Penilaian Harian atau yang disingkat PH merupakan bahasa baru untuk istilah ujian harian. Penilaian ini dilakukan dengan metode perbaikan dan pengayaan sesuai tingkat kompetensi yang dikuasai. Ulangan harian dilakukan dengan sistem waktu harian.

Selain itu PH ditujukan untuk mengevaluasi kemampuan siswa sesuai materi yang baru disampaikan. Hal ini penting dilakukan tak hanya untuk mengumpulkan nilai, namun juga menjadi bahan tolok ukur para siswa terhadap kemampuan dan pemahaman materi yang dikuasai.

Baca Juga : Ingin Konsentrasi Dalam Belajar? Ayo, Lakukan 7 Tips Ini

Penilaian Akhir Semester Sebagai Aturan Baru Ujian Kenaikan Kelas

Pada tahun ini ujian kenaikan kelas dilakukan melalui Penilaian Akhir Semester (PAS). Hal ini berkaitan erat dengan Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 1 tahun 2021, yang diterbitkan per tanggal 1 Februari 2021. Aturan baru tersebut mencakup mekanisme penyelenggaraan PAS sebagai syarat kenaikan kelas selama masa pembelajaran daring terkait pencegahan penyebaran virus COVID-19. Di bawah ini adalah peraturannya:

–          PAS adalah syarat kenaikan kelas yang dirancang guna mendorong aktivitas belajar yang sarat makna. Ujian ini tidak perlu mengukur capaian kurikulum secara menyeluruh.

–          Ujian dilakukan dalam bentuk portofolio, berupa: nilai rapor, nilai sikap, atau hasil praktik beserta karya siswa.

–          Penilaian juga dapat berupa penugasan. Pihak sekolah maupun guru dapat memberikan tugas sekolah kepada siswa sesuai materi yang sudah dipelajari.

–          Ujian dapat dilakukan dengan penilaian lain yang ditetapkan oleh satu Pendidikan, contohnya seperti ujian lisan, praktik, penugasan daring.

–          PAS dilakukan melalui ujian secara daring.

Baca  Juga : Kuliah Tatap Muka? Inilah 5 Kampus Terbaik Siap Hadapi PTM

Tips Belajar Menjelang Penilaian Akhir Semester

Penilaian Akhir Semester
Foto : Tips Hadapi PAS

Nah, untuk sobat yang akan menghadapi Penilaian Akhir Semester, Ayo ikuti berbagai tipsnya berikut ini.

1. Buatlah Porsi Waktu Belajar yang Efisien

Sobat bisa mulai tentukan hal-hal yang menjadi prioritas utama sobat. Penting diperhatikan jangan sampai mendesak setiap harinya. Selain itu, sobat bisa banget mulai dengan menentukan porsi waktu belajar yang efisien dengan cara bikin to do list.

2. Asah Fundamental Skills atau Kemampuan Dasar

Sobat udah taukan soal fundamental skill atau kemampuan dasar. Akan semakin baik, kalau sobat punya cara berpikir kritis dan rasional saat mengerjakan soal-soal PAS. Sobat boleh mengasahnya dengan meng-klik link berikut mtryout.id.

3. Pelajari Materi dari Konsepnya

Coba deh terapkan dan pelajari materi dari konsepnya. Dengan sobat mulai dari konsep lebih dulu, sobat gak akan pernah kepikiran buat cari cara cepat dan cuma menghafal aja.

4. Review Materi Sampai Ngerti!

Dan, terakhir ialah Review kembali materi yang pernah guru sobat sampaikan, sobat kan sudah punya fundamental skills yang kuat dan ngerti konsepnya, pertajam terus dengan me-review ulang materi agar makin jago PAS. Dengan rajin me-review materi, sobat  bisa evaluasi lagi pemahaman sobat sudah sampai mana.

 

- Advertisement -

10 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Yuk Ikuti Virtual Open House Nusa Mandiri, Agar Bisa Lebih Dekat Dengan FTI

SobatSekolah.com, Jakarta — Hallo Sobat Sekolah!!! Dalam rangka membangun masyarakat yang cerdas dan berwawasan di bidang ilmu komputer yang berkualitas,...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -