Lulusan Ilmu Komputer

Inilah 10 Karier Lulusan Ilmu Komputer, Bagi Kamu yang Mengambil Jurusan Tersulit Ini

10 Karier Lulusan Ilmu Komputer – Kendati sama-sama berkuliah, jelas para mahasiswa tidak mempelajari hal yang sama. Beberapa jurusan kuliah diketahui memiliki kesulitan yang lebih dari yang lainnya, sebab membutuhkan kemampuan berpikir atau tugas beban ekstra.

Dilansir dari World Scholarship Forum, Ilmu Komputer sebagai salah satu jurusan tersulit serta menjadi salah satu bidang yang paling cepat berkembang dan terlihat seperti itu di masa mendatang.

Bukan untuk dihindari, melalui daftar 10 karier lulusan dari salah satu jurusan tersulit ini, bisa jadi pertimbangan untuk kamu yang suka tantangan.

Baca Juga : Jurusan Teknik Industri, Lulus Dengan Kemampuan yang Serba Bisa

10 Karier Lulusan Ilmu Komputer

Berikut 10 karier lulusan Ilmu Komputer yang dilansir oleh The University Network:

1. Administrator Basis Data

Mereka yang berkarier sebagai administrator basis data, bertanggung jawab untuk memastikan keamanan data yang relatif sensitif, membuat dan memelihara (maintenance) basis data, mencegah menghilangnya data, dengan membuat cadangan basis data dan memastikan bahwa pelanggan atau analis data dapat dengan mudah mengakses basis data tersebut.

Persyaratan umum untuk karier ini adalah lulusan Ilmu Komputer dan pemahaman yang kuat tentang bahasa basis data.

2. Artis Multimedia atau Animator

Gelar sarjana Ilmu Komputer dapat membantu mempersiapkan kamu untuk berkarier di bidang ini. Walaupun kamu juga akan membutuhkan latar belakang yang kuat dalam seni, desain, dan visual grafik komputer.

Jurusan tersebut tertarik pada karya kreatif yang mungkin mempertimbangkan karier di bidang seni dan desain multimedia atau animasi.

3. Analis Kuantitatif

Bagi kamu lulusan Ilmu Komputer yang tertarik untuk bekerja di bidang keuangan, mungkin mempertimbangkan mengejar karier sebagai analis kuantitatif. Quants atau analis kuantitatif merupakan ahli dalam sekuritas keuangan. Karier ini membutuhkan pengetahuan tentang matematika, ilmu komputer dan keuangan.

Karena tingkat keahlian yang tinggi diperlukan untuk posisi dan sifat kompetitif pasar kerja, maka yang paling cocok untuk kamu yang memiliki gelar Doktor di bidang Ilmu Komputer.

4. Aplikasi Pengembang Perangkat Lunak

Pengembang aplikasi terbaik adalah pemikir kreatif yang mungkin bekerja untuk menciptakan apa saja, dari pengolah kata hingga ruang kerja digital serta video game. Jika kamu tertarik untuk menjadi pengembang perangkat lunak, maka bisa pelajari dasar-dasar pengkodean dan menjadi terbiasa dengan bahasa pemrograman umum.

Baca Juga : Kamu Lulusan Sistem Informasi? Catat Gaji Awal yang Bisa Kamu Dapatkan!!!

5. Pengembang Website

Pengembang web, biasanya bekerja sama dengan klien untuk memahami dan mewujudkan visi untuk situs website tersebut. Kamu dapat membuat kerangka dasar dan struktur situs web atau back-end, tata letak dan tampilan umum atau front-end.

Tidak perlu pendidikan formal untuk menjadi pengembang web, namun pemahaman yang kuat tentang pemrograman dan desain grafis juga diperlukan.

6. Analis Sistem Komputer

Analis sistem komputer bekerja di persimpangan ilmu komputer dan bisnis. Kamu akan dipekerjakan oleh perusahaan untuk memasukkan teknologi baru ke dalam sistem di perusahaan.

Perusahaan biasanya mencari lulusan Ilmu Komputer atau bisnis. Biasanya juga diharapkan bahwa para lulusan akan memiliki pengetahuan yang kuat tentang industri spesifik tempatnya berkarier.

7. Analis Komputer Forensik

Analis komputer forensik bekerja bersama dengan penegak hukum untuk menyelidiki kejahatan dunia maya dan menganalisis komputer yang mungkin terlibat dalam kejahatan. Gelar sarjana dalam Ilmu Komputer sebagai persyaratan umum untuk posisi tersebut.

8. Ilmuan Riset Komputer dan Informasi

Karier ini membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang teori komputasi, sehingga dalam kebanyakan kasus, gelar lanjutan, baik gelar master atau doktor lulusan Ilmu Komputer atau bidang terkait diperlukan.

Ilmuwan komputer dan informasi adalah pakar dalam Ilmu Komputer. Mereka menghabiskan hari melakukan penelitian dan merancang pendekatan baru untuk teknologi komputer. Seringkali bekerja di bidang ilmu data, robotika atau pemrograman, dan kadang-kadang bekerja di bidang yang lebih khusus, seperti teknologi biomedis.

Baca Juga : Jurusan Teknik Elektro, Jarang Dipilih Tapi Peluang Kerjanya Besar

9. Administrator Jaringan dan Sistem Komputer

Pekerjaan sebagai administrator jaringan dan sistem computer, dapat mengarah pada pekerjaan di masa depan sebagai arsitek jaringan komputer, yang tidak hanya mempertahankan, namun juga mengembangkan jaringan komunikasi ini.Gelar sarjana dari lulusan Ilmu Komputer, sudah cukup untuk masuk ke bidang ini.

10. Insiyur Perangkat Keras Komputer

Insinyur perangkat keras komputer, merupakan ilmuwan komputer yang bekerja dengan perangkat keras komputer yakni komponen komputer seperti papan sirkuit, perangkat memori, dan prosesor.

Untuk mencapai posisi entry-level di lapangan, kamu biasanya akan membutuhkan gelar sarjana dalam ilmu komputer atau teknik listrik.

Menurut ketua program studi (Kaprodi) Ilmu Komputer Universitas BSI, Rachmat Adi Purnama, selain sebagai jurusan paling sulit di Perguruan Tinggi, namun lulusan jurusan ini sering memiliki karier yang menguntungkan.

“Sekarang ini, ketenagakerjaan di bidang Ilmu Komputer meningkat, sebab permintaan untuk professional IT yang berkualitas ikut meningkat,” tutur Rachmat, Rabu (13/10).

Selanjutnya, gaji pada lulusan Ilmu Komputer umumnya sangat kompetitif. Ini mungkin menjadi salah satu alasan mahasiswa Universitas BSI tetap memilih jurusan yang dikatakan sebagai jurusan paling sulit.

“Penerimaan mahasiswa baru (PMB) Universitas BSI tahun 2022 sudah dibuka, buat kamu yang berminat bergabung dengan jurusan Ilmu Komputer, tidak perlu menunggu tahun depan untuk mendaftar kuliah di Universitas BSI,” ujarnya.

Lanjutnya, dengan periode perkuliahan bulan September 2022, PMB Universitas BSI tahun 2022 ini bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi PMB UBSI maupun melalui website pendaftaran.bsi.ac.id.

18 Oktober 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *