Jurusan Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri, Lulus Dengan Kemampuan yang Serba Bisa

Jurusan Teknik Industri – Jika kamu ingin memiliki kemampuan yang serba bisa, jurusan teknik industri bisa jadi pilihan yang tepat saat kuliah. Mengingat, teknik industri sendiri merupakan salah satu jurusan teknik interdisipliner.

Selain itu, jurusan ini juga cocok untuk kamu yang menyukai bidang studi teknik, sekaligus penasaran dengan program studi manajemen. Karena, teknik industri adalah bidang ilmu yang mempelajari proses industri baik dari sisi manajemen ataupun teknik.

Teknik industri ini berfokus pada perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem yang terintegrasi dengan peran manusia, material, peralatan dan energi. Teknik Industri sendiri dibagi menjadi tiga bidang besar.

Pertama adalah sistem manufaktur yang mempelajari peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem produksi.

Kedua adalah manajemen industri yang mempelajari manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen inovasi, perencanaan dan pengendalian produksi, dan ekonomi teknik.

Ketiga adalah sistem industri dan tekno ekonomi yang mempelajari peningkatan daya saing sistem integral berdasarkan logistik, statistik, penelitian operasional, dan sistem basis data.

Di samping itu, para lulusan jurusan teknik industri yang serba bisa ini, tentunya memiliki peluang kerja yang cukup luas. Mengingat, di dunia industri seperti pertambangan, perbankan, periklanan, layanan kesehatan, hingga otomotif membutuhkan tenaga-tenaga ahli dari lulusan teknik industri.

Baca Juga : Jurusan Teknik Elektro, Jarang Dipilih Tapi Peluang Kerjanya Besar

3 Profesi Bagi Lulusan Jurusan Teknik Industri

1. Quality Controller

Bertanggung jawab untuk memastikan produk yang dihasilkan sudah memenuhi spesifikasi yang ditetapkan perusahaan, atau bahkan lebih baik untuk dipasarkan.

2. Product Analyst

Bertugas menganalisis produk untuk mengembangkan strategi marketing yang paling tepat bagi produk tersebut agar nantinya perusahaan memperoleh keuntungan.

3. Health and Safety Officer 

Tanggung jawabnya dalam pencegahan kecelakaan kerja, maupun berbagai penyakit yang ditimbulkan dan berada dalam lingkup pekerjaan. Pada umumnya, menganalisis lokasi proyek dan mengatur prosedur kerja agar tetap aman bagi semua pekerja.

Baca Juga : Ingin Jadi Technopreneur? 8 Jurusan Ini Bisa Jadi Pilihan Terbaik Kamu

Dari soal gaji, ketiga profesi di atas sudah tidak diragukan lagi. Salah satu kampus yang menyediakan jurusan Teknik Industri adalah Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Universitas BSI membuka program studi (prodi) Teknik Industri (S1) di Fakultas Teknik & Informatika, untuk perkuliahan bulan September 2022. Gelombang pertama juga sudah dibuka mulai dari Oktober ini.

Bagi kamu yang berminat kuliah di jurusan teknik industri tanpa ribet soal pendaftaran, Universitas BSI bisa dijadikan sebagai kampus pilihan. Pasalnya, Universitas BSI membuka pendaftaran secara daring melalui aplikasi Android PMB UBSI yang tersedia di playstore dan melalui laman website di laman pendaftaran.bsi.ac.id.

Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah melakukan pendaftaran kuliah dimana saja dan kapan saja. Tunggu apalagi? Daftar kuliah di Universitas BSI, solusi daftar kuliah tanpa ribet! Kuliah? BSI Aja..!!

18 Oktober 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *