Ingin Jadi Technopreneur? 8 Jurusan Ini Bisa Jadi Pilihan Terbaik Kamu

Ingin Jadi Technopreneur? 8 Jurusan Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu – Hallo Sobat Sekolah!!! Technopreneur merupakan gabungan kata dari teknologi dan entrepreneur, yang berarti membuat atau menciptakan suatu usaha di bidang teknologi. Lebih singkatnya, dapat dipahami sebagai seorang wirausaha di bidang teknologi. Saat ini, technopreneur lebih erat kaitannya dengan startup.

Bisnis startup menjadi trend saat ini, dimana startup erat kaitannya dengan perusahaan rintisan yang mendapat dukungan layanan di bidang teknologi digital. Oleh karena itu, technopreneur sangat kental dengan istilah startup. Saat ini banyak anak muda atau generasi muda yang berminat terjun di dunia startup. Untuk mendapat cakupan yang lebih luas agar menjadi technopreneur, perlu membekali diri dengan ilmu pengetahuan yang sesuai di bidang ini.

Baca Juga : 5 Jurusan Terbaik Bagi Kamu yang Suka Travelling, Yuk Simak Ulasannya!!!

8 Jurusan Kuliah Bisa Membantumu Menjadi Seorang Technopreneur

1. Jurusan Teknologi Informasi

Technopreneur
Foto : Jurusan Teknologi Informasi

Teknologi Informasi, menjadi salah satu jurusan dengan popularitas yang terus meningkat. Jurusan Teknologi Informasi akan membuka peluang kamu berkarir di bidang teknologi dengan sangat gemilang. Beberapa kampus di Indonesia yang membuka jurusan Teknologi Informasi yakni Universitas Atma Jaya dengan link pendaftaran https://join.atmajaya.ac.id/, Universitas Gunadarma dengan link pendaftaran https://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2021/, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dengan link pendaftaran http://pendaftaran.bsi.ac.id/, Universitas Tarumanegara dengan link pendaftaran https://go.untar.ac.id/.

2. Jurusan Sistem Informasi

Sistem Informasi juga merupakan jurusan yang masih jadi favorit generasi muda. Sebab, jurusan ini mampu menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang teknologi informasi sehingga mampu menjadi technopreneur.

Beberapa kampus yang membuka jurusan Sistem Informasi yakni Universitas Brawijaya dengan link pendaftaran https://selma.ub.ac.id/, Universitas Indonesia dengan link pendaftaran https://penerimaan.ui.ac.id/, Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan link pendaftaran https://daftar.nusamandiri.ac.id/, Universitas Multimedia Nusantara dengan link pendaftaran https://pmb.umn.ac.id/pmb/web/.

3. Jurusan Manajemen

Manajemen merupakan bidang ilmu yang mempelajari kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan ekonomi dan bisnis. Generasi muda dengan fokus mempelajari ilmu manajemen akan sangat mudah mengelola suatu organisasi, dan layak menjadi pemimpin, sehingga mampu menjadi technopreneur yang mumpuni.

Beberapa kampus yang membuka jurusan Manajemen yakni Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan link pendaftaran https://daftar.nusamandiri.ac.id/, Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI) International Business School dengan link pendaftaran https://siakad.ipmi.ac.id/spmbfront/home, Universitas BSI dengan link pendaftaran http://pendaftaran.bsi.ac.id/, Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan link pendaftaran https://admission.itb.ac.id/home/.

4. Jurusan Ilmu Komunikasi

Technopreneur
Foto : Jurusan Ilmu Komunikasi

Studi Ilmu Komunikasi mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif dari komunikator pada komunikan melalui berbagai media. Lulusan jurusan ilmu komunikasi memiliki kompetensi yang cukup komplit, bukan tidak mungkin mampu sukses pula menjadi technopreneur.

Kamu, yang ingin masuk kuliah dengan jurusan ini, bisa memilih beberapa kampus yang memiliki jurusan Ilmu Komunikasi yakni Universitas BSI dengan link pendaftaran http://pendaftaran.bsi.ac.id/, Universitas Atma Jaya dengan link pendaftaran https://join.atmajaya.ac.id/, London School of Public Relations (LSPR) dengan link pendaftaran https://www.lspr.edu/, Universitas Brawijaya dengan link pendaftaran https://selma.ub.ac.id/, Universitas Gadjah Mada dengan link pendaftaran https://ugm.ac.id/id/.

Baca Juga : Simak! 10 Jurusan Kuliah S2 Paling Dibutuhkan dan Banyak Dicari

5. Jurusan Informatika

Ilmu yang mempelajari teknologi komputer secara optimal guna menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika adalah Informatika. Jurusan Informatika ini berkaitan dengan prinsip ilmu komputer yang dapat menjadi bekal menjadi seorang technopreneur.

Beberapa kampus yang membuka jurusan Informatika yakni President University dengan link pendaftaran https://admission.president.ac.id/, Universitas Atma Jaya dengan link pendaftaran https://join.atmajaya.ac.id/, Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan link pendaftaran https://daftar.nusamandiri.ac.id/, Universitas Telkom dengan link pendaftaran https://smb.telkomuniversity.ac.id/.

6. Jurusan Bisnis Digital

Bisnis Digital merupakan rumpun ilmu terapan yang mengaplikasikan proses merancang bisnis secara digital. Jurusan Bisnis Digital sangat cocok buat kamu yang ingin menjadi technopreneur.

Beberapa kampus yang membuka jurusan Bisnis Digital yakni Universitas Prasetiya Mulya dengan link pendaftaran https://www.prasetiyamulya.ac.id/en/undergraduate-admission/, Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan link pendaftaran https://daftar.nusamandiri.ac.id/, Universitas Bina Nusantara dengan link pendaftaran https://binus.ac.id/2018/09/daftar-online/, Universitas Padjajaran dengan link pendaftaran http://smup.unpad.ac.id/.

7. Jurusan Ilmu Komputer

Nah, kalau Ilmu Komputer merupakan bidang ilmu yang membekali mahasiswanya agar mampu menganalisis, merancang dan mengembangkan teknik komputasi dan algoritma untuk memecahkan masalah komputasi.

Komitmen di bidang ilmu komputer mampu mengasah ide-ide kreatif menjadi semakin brilian. Dan semakin memantapkan langkah menjadi technopreneur sejati.

Beberapa kampus yang membuka jurusan Ilmu Komputer yakni Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan link pendaftaran https://admisi.ipb.ac.id/, Universitas BSI dengan link pendaftaran http://pendaftaran.bsi.ac.id/, Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan link pendaftaran https://admission.itb.ac.id/home/, Universitas Nusa Mandiri dengan link pendaftaran https://daftar.nusamandiri.ac.id/, Universitas Brawijiya dengan link pendaftaran https://selma.ub.ac.id/.

8. Jurusan Teknologi Komputer

Technopreneur
Foto : Jurusan Teknologi Komputer

Jurusan ini memiliki keahlian sistem komputer, baik hardware maupun software serta menguasai sistem informasi berbasis jaringan komputer. Lulusan jurusan Teknologi Komputer akan memiliki keahlian di bidang teknologi komputer dan jaringan kreatif, memiliki integritas dan moral serta berjiwa entrepreneur sehingga cocok untuk yang ingin menjadi technopreneur.

Beberapa kampus yang membuka jurusan ini yakni Universitas BSI dengan link pendaftaran http://pendaftaran.bsi.ac.id/, Universitas Multimedia Nusantara dengan link pendaftaran https://pmb.umn.ac.id/pmb/web/, Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan link pendaftaran https://admission.itb.ac.id/home/, Universitas Telkom dengan link pendaftaran https://smb.telkomuniversity.ac.id/.

Bagimana, masih tertarik untuk menjadi seorang technopreneur? Beberapa jurusan kuliah di atas bisa menjadi pilihan buat kamu. Dan segera daftarkan diri pada website PMB di masing-masing kampus.

5 Oktober 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *