Kamis, November 24, 2022

Sobat Wajib Tahu, Inilah 7 Makna Dari Lambang OSIS di Seragam Sekolah Siswa

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Sobatsekolah.com – Hallo sobat!!! Saat sekolah, pastinya kalian menggunakan seragam kan? baik itu pada jenjang SD, SMP bahkan SMK/SMA. Apakah sobat sering melihat lambang osis yang ada di saku seragam sekolah?

Nah, Lambang OSIS tersebut awalnya diciptakan oleh Idik Sulaeman Nataatmadja, beliau merupakan Direktur Pembinaan Kesiswaan pada periode 24 November 1979 hingga 15 November 1983.

Pada lambang tersebut, ternyata memiliki  berbagai dambar dan mengandung banyak makna. Apa saja maknanya??? berikut 7 gambar dan makna pada lambang OSIS yang dilansir dari kompas.com.

- Advertisement -

Baca Juga : Simak Arti Dari Bunyi dan Lambang Pancasila, Teruntuk Pelajar Indonesia

7 gambar dan makna dari lambang OSIS pada seragam sekolah

1. Bunga bintang bersudut lima

Gambar pertama yang terdapat pada lambang tersebut ialah bintang dengan sudut berjumlah lima dan bunga dengan jumlah kelopak yang sama, memiliki arti bahwa sebagai siswa harus berperan sebagai bunga yaitu dapat menjadi harapan bangsa di masa depan. Selain itu bintang bersudut lima, yang berarti sebagai siswa juga harus mengedepankan nilai-nilai pancasila.

- Advertisement -

Kelopak bunga yang berjumlah lima, sebagai siswa harus selalu melakukan sesuatu dengan sepenuh hati agar menjadi manusia yang berguna. Lima kelopak bunga tersebut memiliki makna abadi, ajar, aktif, adab dan amal.

2. Buku terbuka

Buku terbuka memiliki arti sebagai siswa harus rajin belajar dan menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh. Tak hanya itu, sebagai seorang siswa harus memberikan sumbangsih terhadap pembangunan bangsa dan negara, yakni dengan belajar keras menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi.

3. Kunci pas

Selain belajar dengan sungguh-sungguh, siswa juga diwajibkan untuk bekerja keras dalam belajar. Tujuannya agar siswa mampu berdiri sendiri dan mandiri dalam menghadapi tantangan dunia.

4. Tangan terbuka

Gambar tangan terbuka memiliki makna sebagai tolong menolong. Siswa harus memiliki sifat tolong menolong antar sesama siswa. Hal ini menunjukkan ada rasa bertanggung jawab.

5. Biduk atau perahu

Selanjutnya yakni gambar biduk atau yang dikenal dengan perahu, memiliki arti sebagai cita-cita. Tiap siswa, harus mampu berlayar di lautan hidup, agar nantinya siswa dapat meraih cita-cita yang dimimpikan.

6. 17 padi dan 8 lipatan pita

17 butir padi, 8 lipatan pita, buah kapas sebanyak 4 dan kapas berjumlah 5, merupakan arti dari tanggal kemerdekaan negara Indonesia, yakni tanggal 17Agustus 1945. Dengan harapan, sebagai penerus bangsa Indonesia, siswa-siswi Indonesia dapat mengingat dan menghayati nilai-nilai perjuangan Pahlawan Indonesia.

7. Pelangi merah putih

Gambar terakhir yakni pelangi. Memiliki warna merah putih dengan arti, sebagai tujuan nasional yang harus dimiliki juga oleh siswa yaitu mencapai masyarakat adil dan makmur.

Baca Juga : Ekstrakurikuler Pramuka : Ayo, Kenali 15 Sandi Pramuka Bagi Kamu Pengikut Ekstrakurikuler Ini

3 makna dari warna pada lambang OSIS 

Selain gambar yang disebutkan di atas, dalam lambang OSIS tersebut juga memiliki warna dasar yang memiliki arti dan makna yang terkandung.

1. Warna cokelat

Warna cokelat menggambarkan kedewasaan dan sifat rela berkorban.

2. Warna merah putih

Warna merah putih, sebagai warna kebangsaan Indonesia menggambarkan sifat berani dalam membela kebenaran.

3. Warna kuning

Warna terakhir, yakni kuning dari logo OSIS menggambarkan suatu kehormatan bila generasi muda diberi kepercayaan untuk berbuat baik dan bermanfaat melalui organisasi.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Makna Warna Seragam Sekolah dari SD hingga SMA, Penting Untuk Dicatat!!!

Sobatsekolah.com, Jakarta - Hallo sobat sekolah!!! Seragam sekolah merupakan salah satu pakaian yang wajib digunakan saat sekolah, pasalnya pakaian tersebut...

More Articles Like This

- Advertisement -