Lambang Pancasila

Simak Arti Dari Bunyi dan Lambang Pancasila, Teruntuk Pelajar Indonesia

Arti Dari Bunyi dan Lambang Pancasila – Hallo Sobat Sekolah!!! Sejak Sekolah Dasar (SD) semua siswa yang ada di Indonesia, pastinya sudah dikenali dengan Pancasila dan Burung Garuda. Hal itu tentu, tidak hanya sebagai simbol saja melainkan terdapat makna dan nilai-nilai leluhur di dalamnya.

Mengutip dari laman detik.com bahwa Pancasila diambil dari dua suku kata, yakni Panca dan Sila. Panca berarti lima dan Sila yang berarti dasar. Dengan begitu Pancasila yaitu lima dasar.

lambang pancasila
Foto : Pancasila

Baca Juga : Yuk, Kenal Lebih Dekat Dengan Ekstrakurikuler Paskibra di Sekolahmu

Isi Pancasila

Pancasila tercantum dalam Alenia keempat dalam naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yang berbunyi :

  1. Ketuhanan yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat IndonesiaDari kelima isi pancasila juga disimbolkan dengan bentuk yang memiliki arti tersendiri dari tiap-tiap sila.

5 Lambang Pancasila

1. Lambang Bintang

Lambang Pancasila
Foto : Lambang Sila Pertama

Simbol bintang yang terletak di tengah perisai dijadikan sebagai dasar Ketuhanan Yang Maha Esa atau lambang pancasila pertama. Hal ini memiliki arti, bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

2. Lambang Rantai

Lambang Pancasila
Foto : Lambang sila Kedua

Rantai pada bagian bawah perisai sebelah kanan merupakan lambang dari sila ke-2 Pancasila yang berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab. Rantai dipilih karena menggambarkan generasi penerus yang turun-temurun. Maka dari itu, rantai tersebut digambarkan berjumlah 17 dan saling sambung-menyambung tidak terputus.

3. Lambang Pohon Beringin

Lambang Pancasila
Foto : Lambang Sila Ketiga

Pohon beringin yang terletak di bagian atas lambang rantai dipilih sebagai lambang Pancasila ketiga dengan bunyi dari pancasila tersebut iala Persatuan Indonesia. Maka tak heran jika lambang sila ketiga di simbolkan dengan gambar pohon beringin, pasalnya pohon beringin memiliki arti sebagai tempat berteduh atau berlindung.

Baca Juga : Keren!!! Bahasa Indonesia Termasuk Bahasa Paling Banyak Digunakan Di Dunia

4. Lambang Kepala Banteng

lambang pancasila
Foto : Lambang Sila Keempat

Kemudian, lambang pancasila keempat yaitu kepala banteng. Kepala banteng yang terletak di bagian kiri atas perisai diartikan sebagai tenaga rakyat, hal ini juga sama dengan bunyi dari sila keempat yakni Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/perwakilan.

5. Lambang Padi dan Kapas

Lambang Pancasila
Foto : Lambang Sila Kelima

Dan,sila terakhir berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila kelima dilambangkan dengan gambar padi dan kapas, yang mana gambar tersebut memiliki arti sebagai kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

7 Oktober 2021
13

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

13 comments on “Simak Arti Dari Bunyi dan Lambang Pancasila, Teruntuk Pelajar Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *