Minggu, Agustus 14, 2022

5 Cara Ampuh Atasi Ketergantungan Handphone pada Siswa, Agar Lebih Produktif!!!

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Sobat Sekolah, Cara Ampuh Atasi Ketergantungan Handphone pada Siswa –  Handphone atau telepon genggam merupakan salah satu alat komunikasi yang kian digandrungi oleh banyak anak muda di era modern seperti sekarang ini. Pasalnya, handphone sudah menjadi salah satu alat yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari, seperti bekerja, berjualan, membeli makanan hingga main games.

Generasi Alpha, merupakan sebutan generasi kaum muda kelahiran 2011 – 2025. Generasi tersebut, saat ini menjadi generasi yang sangat tergila-gila akan sebuah games hingga mereka, sudah kecanduan dan ketergantungan pada handphone.

Oleh karena banyaknya siswa yang sering kecanduan handphone. Maka dengan itu, pada laman sobatsekolah.com ini menyajikan terkait cara atasi ketergantungan handphone pada siswa yang dilansir dari wirahadie.com.

Baca Juga : 3 Cara Hidup Hemat Versi Sobat Sekolah, Pilih Keinginan atau Kebutuhan???

5 Tips Cara Atasi Ketergantungan Handphone pada Siswa

1. Matikan notifikasi pada ponsel kamu

Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar bisa fokus belajar, kamu bisa mengatur notifikasi di ponsel kamu, baik notifikasi chat atau notifikasi aplikasi. Selain membantu kamu untuk tetap fokus dalam belajar dan mengerjakan sesuatu. Mematikan notifikasi menjadi langkah yang baik untuk membantu kita apabila memiliki mental illness.

2. Manfaatkan fitur mode pesawat

Cara kedua, mematikan fitur mode pesawat. Cara ini juga sama, masih terbilang efektif. Sebab tidak akan mengganggu konsentrasi saat belajar. Penggunaan fitur mode pesawat juga memiliki banyak keuntungan, diantaranya dapat menghemat kuota data dan menghemat ruang penyimpananmu.

3. Sembunyikan ponsel

Sembunyikan ponsel dari jangkauan kamu, juga menjadi salah satu langkah yang bisa kamu andalkan. Hal tersebut, agar kamu tidak salah fokus dari apa yang seharusnya hendak kamu lakukan. Biasanya, jika ada benda yang ada di sekitarmu, bisa menjadi pemicu kamu untuk tidak belajar, terlebih handphone, benda kecil yang memiliki banyak fungsi. Oleh karenanya, yuk jauhkan handphone mu!

Baca Juga : 7 Cara Meningkatkan Stamina Otak: Rahasianya Millennial Kreatif

4. Atur Home Screen di HP Kamu

Mengatur home screen dengan memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Hal ini untuk mengurangi ketidak fokusanmu terhadap handphone. Usahakan aplikasi social media seperti Instagram, Twitter, Youtube, Tiktok, dan aplikasi lain yang sering kamu buka jangan ditaruh di home screen. Mungkin kamu memang nggak ngapa-ngapain di aplikasi itu. Tapi jarimu pasti udah kebiasaan untuk swipe, scroll, dan pencet aplikasi itu.

5. Membatasi waktu saat bermain HP

Tips terakhir dan paling ampuh atasi ketergantungan handphone yaitu dengan membatasi waktu saat bermain HP. Pada dasarnya, ketika sedang asyik bermain HP, sudah pasti kamu lupa terhadap waktu. Oleh karenanya, kamu harus bisa mengatur waktumu, gunakan timer agar dapat mengingatkanmu untuk melakukan aktivitas lain bukan hanya bermain handphone. 

Nah, itulah tadi 5 cara atasi ketergantungan handphone agar kamu bisa fokus terjhadap aktivitas lainnya, yuk tetap semangat sobat!!!

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Yuk Ikuti Virtual Open House Nusa Mandiri, Agar Bisa Lebih Dekat Dengan FTI

SobatSekolah.com, Jakarta — Hallo Sobat Sekolah!!! Dalam rangka membangun masyarakat yang cerdas dan berwawasan di bidang ilmu komputer yang berkualitas,...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -