Pencinta Matematika

Kamu Pencinta Matematika? Inilah 5 Jurusan Kuliah Terbaik Sangat Rekommended

5 Jurusan Kuliah Bagi Pencinta Matematika- Halo Sobat Sekolah!!! Matematika merupakan salah satu bidang ilmu terapan yang mana pada ilmu tersebut mempelajari besaran, struktur, ruang, dan perubahan pada suatu objek. Matematika juga kerap disebut sebagai Ibu dari semua ilmu pengetahuan, yup pasalnya semua sektor kehidupan mulai dari sektor ekonomi, sosial, teknologi ataupun sektor lainnya tak bisa lepas dari ilmu matematika.

Bicara soal ilmu matematika, sejak dini pun sudah dituntut untuk dapat menghitung, karena pada saat itu kondisi otak pada anak sangat mudah untuk menyerap suatu ilmu yang baru, dan susah untuk melupakannya. Sehingga dengan menstimulasi otak anak sejak usia dini bisa membantu meningkatkan kemampuannya dalam menangkap dan menyerap pelajaran lebih cepat.

Adapun beberapa keunggulan yang dimiliki oleh pencinta matematika diantaranya memiliki penalaran yang baik, dapat memecahkan masalah dengan sendirinya, cepat memahami konsep, dan masih banyak yang lainnya.

Oleh karena itu, bagi pencinta matematika yang saat ini sedang bimbang memilih jurusan terbaik mana yang nantinya akan dipilih untuk meneruskan study, di laman sobatsekolah.com akan memaparkan beberapa rekomendasi untuk kalian yang sangat suka dengan matematika, yuk disimak jurusan kuliah rekommended untuk mu.

Baca Juga : 5 Jurusan Terbaik Bagi Kamu yang Suka Travelling, Yuk Simak Ulasannya!!!

5 Jurusan Kuliah Bagi Pencinta Matematika

1. Jurusan Matematika Bisnis

Pencinta Matematika
Foto : Jurusan Matematika Bisnis

Jurusan bagi pencinta matematika pertama yaitu jurusan matematika bisnis, matematika bisnis ialah program interdisipliner yang mempelajari metode matematika, statistik, dan komputasi bersama dengan metodologi ekonomis.

Keahlian yang harus dimiliki dalam matematika bisnis ini meliputi senang menghitung, senang melakukan riset, kemampuan dalam menganalisa, kemampuan dalam logika, serta memahami matematika dasar. Oleh karena itu, bagi yang sangat suka sekali dengan ilmu matematika, jurusan ini cocok untuk kalian.

Adapun matakuliah yang nantinya akan didapatkan ketika memilih jurusan ini yaitu Kalkulus, Logika Matematika, Metode Statistika, Mikroekonomi, Programming, Makroekonomi, Komunikasi Bisnis, Analisis Geometri dan Komputasi Bisnis.

Selain itu, prospek kerjanya juga sangat menarik diantaranya menjadi seorang aktuaris, analis riset pasar, analis biaya, ahli statistika, financial planner,  dan operational research analyst. 

Bagaimana nih, sudahkah minat dengan jurusan ini, jika berminat pada laman ini ada beberapa saran kampus terbaik yang bisa jadi pilihan kalian yakni Universitas Pelita Harapan dan Universitas Prasetiya Mulya.

2. Jurusan Matematika Murni

Pencinta Matematika
Foto : Jurusan Matematika Murni

Kemudian jurusan bagi pecinta matematika kedua ialah jurusan matematika murni, sesuai dengan namanya jurusan ini tak hanya mempelajari perhitungan saja melainkan ada beberapa hal yang dipelajari di jurusan ini diantaranya statistika, komputasi, aktuaria, dan riset operasi.

Mengingat matematika merupakan ilmu yang penjabarannya sangat mendalam, maka tak heran jika lulusan dari jurusan matematika ini akan mendapatkan prospek kerja yang sangat luas. Sobat bisa menjadi spesialis matematika, aktuaris, ahli matematika, penyetuju kredit, penerbit asuransi, ahli statistik, analis anggaran, dan masih banyak lagi.

Teruntuk sobat pencinta matematika, jurusan ini juga sangat cocok untuk kalian. Adapun kampus yang membuka jurusan matematika murni diantaranya Universitas Halu OleoUniversitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Makassar, Universitas Hasanuddin, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Negeri Yogyakarta.

3. Jurusan Akuntansi

Pencinta Matematika
Foto : Jurusan Akuntansi

Selanjutnya, jurusan bagi pencinta matematika ketiga ialah jurusan akuntansi. Meski tak serumit matematika pada umumnya, namun jurusan ini juga sangat cocok bagi kalian yang sangat suka menghitung.

Pada jurusan akuntansi ini, nantinya kalian akan mempelajari tentang akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi biaya, analisis laporan keuangan, perpajakan, pengauditan, sistem informasi akuntansi, akuntansi sektor publik, akuntansi pemerintahan, dan masih banyak yang lainnya.

Prospek karir pada jurusan akuntansi juga cukup beragam diantaranya dapat menjadi seorang makelar saham, pegawai bank, akuntan, bagian personalia, konsultan pajak, pegawai asuransi, dosen, bagian keuangan dan auditor.

Bagi kalian yang tertarik dengan jurusan ini dapat mendaftarkan diri pada kampus berikut diantaranya Universitas Bina Sarana Informatika, Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Trisakti Jakarta, dan Universitas Teknologi Yogyakarta.

Baca Juga : Yuk, Simak! 6 Jurusan Kuliah Bagi Introvert Terbaik yang Cocok Untuk Mu

4. Jurusan Ilmu Komputer

Pencinta Matematika
Foto : Jurusan Ilmu Komputer

Teruntuk kamu yang ingin jadi Programming dan seorang pencinta matematika. Jurusan ini sangat cocok untuk kalian, yup ilmu komputer. Jurusan ilmu komputer tak hanya paham dengan ilmu matematika saja melainkan harus memiliki pikiran yang logis, dapat berpikir sistematis, dapat melakukan analisis, serta dapat membuat program.

Nah, bagi kalian nih yang bercita-cita sebagai programmer tak ada salahnya masuk jurusan ilmu komputer. Mengingat banyaknya keuntungan mengambil jurusan ilmu komputer, maka tak salah jika banyak calon mahasiswa ingin mengambil jurusan ini.

Salah satu keuntungannya mendapatkan prospek karir yang sangat luas selain menjadi programmer, kalian juga akan menjadi perancang web, insinyur aplikasi, game creator, game developer, insinyur perangkat lunak, data scientist, dan masih banyak profesi lain yang bisa kalian raih.

Nah, teruntuk kalian yang berminat akan jurusan ini, kalian dapat memilih tempat kuliah terbaik diantaranya ada Universitas Bina Sarana Informatika, Universitas Teknokrat Indonesia, Universitas Pertamina, Universitas Prasetiya Mulya dan masih banyak lagi kampus yang menyandang gelar sarjana dengan jurusan ilmu komputer.

Namun, bagi kalian yang sudah lulus program strata I tapi ingin melanjutkan studynya ke jenjang strata II dengan jurusan Ilmu Komputer, kalian bisa loh daftar di Universitas Nusa Mandiri, selain lokasi kampusnya ada di beberapa tempat, keunggulan lainnya para pengajarnya sangat kompeten dan backgroundnya juga ada yang diluar negeri.

5. Jurusan Teknik Informatika

Pencinta Matematika
Foto : Jurusan Teknik Informatika

Sama seperti jurusan ilmu komputer, jurusan ini juga sangat cocok untuk kalian para pencinta matematika. Jurusan teknik komputer merupakan bidang ilmu yang mempelajari bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal guna menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika.

Jadi bagi kalian yang sangat suka dengan matematika dan memiliki pikiran yang logis, memiliki jiwa yang kreatif, tekun, tetili, dan detail kalian dapat memilih jurusan teknik komputer.

Sama halnya dengan jurusan ilmu komputer, jurusan ini memiliki prospek karir yang hampir sama dengan jurusan ilmu komputer. Namun yang membedakan ialah dari materi yang dipelajari bahwa jurusan teknik komputer akan  lebih banyak menganut pendekatan rekayasa/terapan (engineering) daripada ilmiah (science). Maka dari itu Ilmu Komputer disebut Computer Science, sedangkan Teknik Komputer disebut Computer Engineering.

Jadi bagi kalian pencinta matematika namun ingin mengimplementasikan ilmunya ke software ataupun hardware kalian dapat memilih jurusan ini. Adapun kampus yang membuka jurusan teknik informatika diantaranya Universitas Nusa Mandiri, Universitas Bina Nusantara, Universitas Esa Unggul, Universitas Atma Jaya, Universitas Guna Darma dan masih banyak yang lannya.

27 September 2021
26

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

26 comments on “Kamu Pencinta Matematika? Inilah 5 Jurusan Kuliah Terbaik Sangat Rekommended”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *