Jumat, September 23, 2022

6 Manfaat Ikut Ekstrakurikuler di Sekolah

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Sobat Sekolah, Manfaat Ikut Ekstrakurikuler – Hallo Sobat Sekolah!!! Masa sekolah menjadi masa-masa paling menyenangkan, sebab banyak kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan, seperti berkumpul bersama teman, belajar bersama, dan mengikuti organisasi seperti OSIS dan Ekstrakurikuler.

Ekstrakurikuler, nama itu pastinya sudah tidak asing lagi di telinga sobat. Sebab, kegiatan satu ini menjadi kegiatan yang paling dinanti oleh para siswa, baik SMP ataupun SMA. Kegiatan ini juga menjadi salah satu wadah dalam mengembangkan potensi atau skill yang dimiliki oleh para siswa/i.

Tak hanya itu, terdapat manfaat-manfaat lain dalam mengikuti ekstrakurikuler. Berikut 6 manfaatnya seperti yang dilansir dari detik.com.

Baca Juga : Yuk, Kenal Lebih Dekat Dengan Ekstrakurikuler Paskibra di Sekolahmu

6 Manfaat Ikut Ekstrakurikuler

1. Sarana Mengasah Bakat dan Minat

Manfaat ikut ekstrakurikuler pertama yakni menjadikan sarana untuk mengasah bakat dan minat. Sobat bebas memilih ekstrakurikuler apa saja, asalkan sesuai dengan minat dan bakat. Misalnya kamu suka petualangan maka bisa ikut ekstrakurikuler pecinta alam atau pramuka. Jika kamu suka acting, bisa ikut ekstrakurikuler teater. Hal tersebut dilakukan agar bakat dan potensi sobat bisa lebih berkembang dan terarah. Siapa tahu di masa depan bisa menjadi profesi yang sobat banggakan.

2. Tempat Belajar Berorganisasi dan Sosialisasi

Manfaat ikut ekstrakurikuler yang kedua ialah menjadikan tempat besosialisasi dan berogranisasi. Misalkan sobat memiliki sifat yang cenderung pendiam dan pemalu di dalam kelas, ekstrakurikuler bisa menjadi solusi. Karena nantinya sobat  akan menemukan teman baru yang memiliki kesamaan hobi denganmu.

Hal ini bisa membantu kamu belajar berorganisasi, berkumpul dan bersosialisasi. Selain itu, sikap kepemimpinan kamu bisa terlatih dan itu akan menjadi bekal yang bagus untuk kamu setelah lulus sekolah nanti.

3. Melatih Tanggung Jawab dan Kemandirian

Manfaat ikut ekstrakurikuler yang ketiga yakni dapat melatih rasa tanggung jawab. Hal ini dikarenakan, setiap aktivitas ekstrakurikuler selalu dikelola dan diurus sendiri oleh para siswa yang tidak melibatkan guru dalam kegiatan tersebut.

Sehingga setiap kali ada kegiatan tertentu dalam ekstrakurikuler yang kamu ikuti maka sobat dan teman-teman sekelas yang akan mengurus semuanya. Dengan begitu sobat akan belajar untuk bertanggung jawab melakukan sesuatu pekerjaan hingga selesai. Sobat juga bisa menjadi lebih mandiri dengan mengurus acara dalam ekstrakurikuler tersebut.

Baca Juga : Ekstrakurikuler Basket : Kenali 5 Teknik Dasar Dalam Bermain Bola Basket

4. Melatih Kerja Sama

Salah satu tujuan kegiatan ekstrakurikuler adalah untuk melatih kemampuan bekerjasama antara sobat dengan teman-teman. Hal ini sangat penting untuk sobat yang akan meneruskan ke pendidikan yang lebih tinggi.  Misal, nanti saat sudah selesai sekolah sobat harus mampu berbaur dengan teman-teman kuliah. Setelah lulus kuliah kamu pasti bekerja dan mau tidak mau harus bisa melakukan kerja tim dengan orang lain. Nah, itulah manfaat ikut ekstrakurikuler yang keempat agar nantinya tidak kaget saat sudah bekerja di perusahaan.

5. Melatih Sikap Disiplin dan Komitmen

Manfaat ikut ekstrakurikuler yang kelima, yaitu melatih sikap disiplin dan komitmen . Hal tersebut dilakukan, karena jadwal ekstrakurikuler yang berada di luar jam sekolah. Artinya, sobat harus mampu mengeimbangi waktu dalam belajar dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

6. Berdampak positif untuk kesehatan

Manfaat terakhir dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan, berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti olahraga, pramuka, palang merah pemuda (PMR), pecinta alam dan sebagainya tak hanya membentuk pribadi yang lebih baik, tapi juga berdampak pada kesehatan tubuh.

Karena kamu tak hanya berkelompok dalam berpikir tetapi juga bekerja sama bergotong royong dengan tenaga. Sehingga kamu akan lebih aktif dan semangat karena banyak bergerak dan melakukan hal positif.

Nah sobat, itulah tadi 6 manfaat mengikuti ekstrakurikuler. Banyak kan manfaatnya? tertarik mengikuti ekskul kan? Ayo, tetap semangat dan raih cita-cita kalian.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Universitas Nusa Mandiri Hadirkan Seminar Berskala Nasional Bersama IEEE WIE

Sobat Sekolah, Depok - Universitas Nusa Mandiri (UNM) hadirkan seminar berskala nasional bekerja sama dengan IEEE (Institute of Electrical...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -