Meningkatkan Imun

Ingin Meningkatkan Imun Pada Tubuh? Simak, 7 Makanan yang Harus Sobat Konsumsi!!!

7 Makanan Untuk Meningkatkan Imun- Beberapa hari terakhir ini, kasus pandemi covid 19 menaik secara signifikan, terlihat banyaknya rumah sakit yang telah dipenuhi oleh ratusan bahkan ribuan pasien karena terkontaminasi oleh virus tersebut. Maka tak heran jika, beberapa rumah sakit di Jabodetabek hanya tersisa satu tempat tidur saja atau mungkin tidak terdapat sama sekali.

Karena adanya lonjakan kasus tersebut, maka sobat harus tetap menjalankan protokol kesehatan dengan baik, tidak hanya 5M saja dalam menerapkan protokol kesehatan, seperti Memakai Masker, Menjaga Jarak (≥2 Meter), Mencuci Tangan, Menjauhi Kerumunan serta Membatasi Mobilitas.

Masyarakat termasuk sobat sekolah juga harus dapat menjaga kesehatan dengan menjaga daya tahan tubuh. Menjaga daya tahan tubuh pun, tak hanya untuk mencegah agar tidak mudah terjangkit virus, namun juga mempercepat pemulihan dari penyakit.

Baca Juga : Yuk, Jaga Kesehatan Mata Dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

7 Makanan Untuk Meningkatkan Imun

Berikut ialah 7 makanan yang harus sobat sekolah ketahui untuk dapat menjaga daya tahun tubuh yang dikutip langsum dari kompas.com. Diantaranya :

1. Ubi Jalar

Meningkatkan Imun
Foto : Ubi Jalar

Ubi Jalar merupakan makanan kesukaan Masyarakat Indonesia sejenis tanaman budidaya yang memiliki kadar gizi yang tinggi.  Ubi Jalar juga termasuk makanan yang mudah dalam mengolahnya, maka tak heran jika tanaman ini banyak disukai oleh Masyarakat Indonesia.

Manfaat lain dari Ubi Jalar yaitu, dapat mengendalikan gula darah, mengontrol tekanan darah, mengurangi risiko kanker, meningkatkan sistem kekebalan tuh (meningkatkan imun pada tubuh). Pasalnya, tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang baik seperti yang terdapat pada laman berikut klik disini.

2. Beras Merah/Hitam

Meningkatkan Imun
Foto : Beras Merah

Sobat sekolah apakah pernah mengonsumsi beras merah/ hitam? Beras merah memiliki banyak manfaat diantaranya dapat melawan radikal bebas, menurunkan kolestrol, mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar gula darah, dan masih banyak lagi manfaat lainnya termasuk dalam meningkatkan imun. Kandungan dari beras merah diantaranya dapat dilihat di laman ini.

3. Sorghum

Meningkatkan Imun
Foto : Sorghum

Apa sih sorghum? Yup, sorghum merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Tanaman ini juga merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara. Maka tak heran jika sorgum ini dapat dijadikan alternatif pengganti nasi karena memiliki zat karbohidrat.

Banyak sekali manfaat yang terdapat pada makanan ini, tak hanya untuk meningkatkan imun saja, tapi juga untuk menjaga kadar gula darah, mengatasi penyakit celiac, menurunkan berat badan berlebih, menjaga kadar kolesterol, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan meredakan radang atau bengkak.

Baca Juga : Daftar Makanan Rendah Kalori Untuk Diet

4. Kacang-Kacangan

Meningkatkan Imun
Foto : Kacang=kacangan

Makanan satu ini enak sekali untuk menjadi cemilan dalam melakukan aktivitas apapun, ntah sedang bekerja, menonton TV, iseng bermain handphone, atau bisa menjadi teman dari nasi.

Tapi, tunggu dulu kacang-kacangan tidak hanya untuk jadi bahan cemilan saja, kandungan pada kacang-kacangan juga sangat baik sehingga makanan ini memiliki banyak manfaat diantaranya Menjadi sumber zat gizi bagi tubuh, Membantu mempertahankan berat badan ideal, Membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida, Berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, Mengurangi peradangan dalam tubuh, Menyehatkan bakteri usus dan melancarkan pencernaan.

5. Sayur dan Buah

Meningkatkan Tubuh
Foto : Sayur dan Buah

Makanan sehat selanjutnya yang dapat meningkatkan imun pada tubuh sobat ialah sayur dan buah, nah jadi siapa nih diantara sobat sekolah yang senang sekali mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Tentunya, dengan mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut akan menyehatkan tubuh.

Manfaat lain dari sayur dan buah juga bervariasi, tidak hanya meningkatkan stamina pada tubuh sobat saja. Dengan banyaknya kandungan yang terdapat pada buah dan sayur akan membantu menurunkan tekanan darah, memelihara kesehatan usus, mencegah sembelit, melancarkan sistem pencernaan, menjaga berat badan ideal dan mencegah obesitas, melindungi tubuh dari penyakit diabetes, serta mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan sejumlah kanker.

6. Produk Hewani Seperti Olahan Susu, Telur dan Madu

Meningkatkan Tubuh
Foto : Susu, Madu dan Telur

 

Susu, Telur dan Madu merupakan sumber protein terbaik yang berasal dari hewan. Ketiga nya merupakan protein yang diserap oleh tubuh, dan komposisi asam amino esensialnya juga lengkap. Susu, telur dan madu memiliki kandungan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh diantaranya ada, mineral, vitamin, asam amino dan lainnya.

Manfaat yang bisa didapatkan dalam mengonsumsi susu, telur dan madu ialah dapat Meningkatkan kekuatan otot dan fungsi otak, dapat menjaga kesehatan mata, membantu menurunkan tekanan darah, dapat menurunkan risiko kanker, bermanfaat juga untuk meningkatkan imun pada tubuh. Nah, sobat sekolah harus sering-sering dalam mengonsumsi produk hewani tersebut.

Baca Juga : Tips Hidup Sehat Yang Dianjurkan WHO 2020

7. Makanan dan Minuman Fungsional Asal Herbal

Meningkatkan TubuhFoto : Minuman Herbal (Jamu)

Dan, makanan untuk meningkatkan imun terakhir ialah makanan atau minuman yang herbal. Seperti, Jahe, Kunyit dan Temulawak. Makanan herbal tersebut dapat dibuat sebagai minuman peningkat imun untuk Antivirus dan Imun booster serta mengobati berbagai penyakit. Dari berbagai penelitian melalui  uji klinis dan pra klinis juga telah banyak dilakukan dan membuktikan bahwa komponen aktif dalam tanaman tersebut memiliki manfaat pengobatan. Tetapi kelemahan obat atau suplemen berbasis herbal adalah sulitnya mendapatkan kadar yang ter standar.

Herbal secara alami memiliki jenis dan kadar bahan aktif yang bervariasi, yang dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti daerah asal atau tempat tumbuh, umur panen, musim, bagian tanaman, teknik ekstraksi, dan lain-lain. Sedangkan untuk pengembangan herbal tersebut menjadi fitofar, maka sebagai antivirus terhadap Covid-19 masih perlu penelitian lebih lanjut dan membutuhkan kolaborasi antara lembaga penelitian, industri farmasi dan pemerintah. Rempah merupakan kekayaan alam Indonesia yang melahirkan budaya perawatan herbal, yakni jamu-jamuan. Bahkan khasiat jamu bisa mengobati berbagai jenis penyakit, dan juga sebagai minuman meningkatkan imun.

30 Juni 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *