Jumat, September 23, 2022

Kinerja LTMPT Telah Usai, Kini Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Beralih Menjadi Wewenang Mendikbud

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Sobat Sekolah, Jakarta – Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) kini resmi tak lagi mengurus atau menjadi penyelenggara seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Hal tersebut, berkaitan dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  (Permendikbud) Ristek Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Sarjana pada PTN pertanggal 1 September 2022.

Dimana dalam Permendikbud Ristek Nomor 48 Tahun 2022, pasal 20, bertuliskan keterangan terkait seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru, saat ini menjadi wewenang Mentri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbud RI).

“Dengan demikian, segala urusan terkait seleksi masuk perguruan tinggi negeri mahasiswa baru telah beralih menjadi wewenang kementerian,” kata Mochamad Ashari selaku ketua LTMPT.

Baca Juga : Pemberitahuan Hasil SBMPTN 2020 pada Laman LTMPT 14 Agustus 2020

Nadiem Makariem, selaku Mendikbud Ristek RI telah menerbitkan keputusan Nomor 346/P/2022 tentang tim persiapan seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru pada PTN tahun 2023 yang diberi tugas untuk melakukan persiapan dan penyusunan bahan pelaksanaan seleksi tahun 2023.

Segala urusan terkait persiapan pelaksanaan penerimaan mahasiswa tahun 2023 berada di bawah koordinasi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) pada Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek.

Prof. Ashari menambahkan, informasi ini perlu disampaikan agar bermanfaat dan diketahui masyarakat luas. Khususnya yang membutuhkan informasi terkait persiapan pelaksanaan seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru PTN tahun 2023.

3 jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri 2023

Melalui aturan terbaru Mendikbudristek Nadiem Makarim ada 3 jalur seleksi masuk PTN 2023, antara lain

1. Seleksi nasional berdasarkan prestasi.

2. Seleksi nasional berdasarkan tes.

3. Seleksi secara mandiri oleh PTN.

Seleksi nasional berdasarkan prestasi, sebelumnya adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Baca Juga : Cara Mudah Hadapi UTBK 2021, Yuk Simak Fakta Menariknya 

Kemudian seleksi nasional berdasarkan tes sebelumnya adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Seluruh seleksi masuk PTN jalur 1 dan 2 akan dikoordinasi oleh UPT BP3 pada BSKAP Kemendikbud Ristek. Prof. Ashari mengatakan mekanisme lebih detail terkait seleksi masuk PTN harus menunggu informasi selanjutnya dari BP3.

Untuk itu, tugas LTMPT mengantar calon mahasiswa Indonesia memilih prodi dan PTN sejak 2019 telah selesai. “Mohon maaf bila ada kekurangan LTMPT dalam pelaksanaan seleksi masuk PTN selama ini,” pungkas Prof. Ashari.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Universitas Nusa Mandiri Hadirkan Seminar Berskala Nasional Bersama IEEE WIE

Sobat Sekolah, Depok - Universitas Nusa Mandiri (UNM) hadirkan seminar berskala nasional bekerja sama dengan IEEE (Institute of Electrical...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -