Prodi Humas

Gapaian Pengabdian Masyarakat Prodi Humas Universitas BSI

Gapaian Pengabdian Masyarakat Prodi Humas Universitas BSI- Seorang dosen harus mampu menjalankan kewajiban guna keberlangsungan proses belajar mengajar dan juga harus mengembangkan ilmu pengetahuan. Beberapa kewajiban tersebut salah satunya yakni menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi di setiap semester.

“Melakukan kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat merupakan pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib diimplementasikan setiap dosen,” tutur Kepala Progam Studi Hubungan Masyarakat Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Ita Suryani, Rabu (3/3).

Baca Juga : Prodi Perhotelan Universitas BSI Berhasil Dapatkan Bantuan Dana Kemendikbud

Ita mengatakan, bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang ditujukan kepada masyarakat di lingkungan Perguruan Tinggi. Yakni dengan mengadakan kegiatan yang berguna dan bermanfaat seperti workshop, pelatihan, penyuluhan, sosialisasi, kerja sosial dan lain sebagainya. Materi yang diberikan pun akan membahas mengenai permasalahan yang terjadi di masyarakat atau yang sedang booming dibicarakan.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat bagi dosen-dosen, Prodi Humas Universitas BSI melakukan beberapa rangkaian kegiatan. Salah satu kegiatan yang telah dilakukan yakni melaksanakan webinar ‘Strategi Jitu Lolos Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat’,” ujarnya.

Tujuan dari kegiatan tersebut untuk mensosialisasikan mengenai ketentuan kegiatan pengabdian masyarakat yang terbaru guna meningkatkan kualitas pengabdian masyarakat di prodi Humas kampus BSI.

“Pada pelaksaan webinar dijelaskan bahwa, untuk pelaksanaan pengabdian masyarakat pada periode selanjutnya, terdapat beberapa hal baru yang menjadi perhatian dalam kegiatan pengabdian masyarakat,” katanya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan maksimal oleh tiga orang dosen dan empat orang mahasiswa dan juga terdapat 12 dokumen yang harus terpenuhi dalam laporan kegiatan pengabdian masyarakat.

“Tahapan dalam mengajukan proposal, laporan pengabdian masyarakat, bentuk keluaran pengabdian masyarakat, dan rekap kuesioner daring yang sesuai dengan ketentuan pengabdian masyarakat saat ini,” katanya.

Sementara itu, pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh  prodi Hubungan Masyarakat (Humas) dalam kurun waktu satu tahun periode 2019/20 yakni  telah menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang diikuti sebanyak 16 dosen pada semester genap dan 19 dosen pada semester gasal yang terbentuk sebanyak 7 kelompok.

“Peningkatan kualitas pengabdian masyarakat pada Prodi Humas Universitas BSI tentunya juga merujuk pada misi kampus BSI diusianya yang ke-33 tahun, serta konsep Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar,” katanya.

Baca Juga : Iseng Ikuti KSI 2021, Mahasiswa STMIK Nusa Mandiri Sukses Raih Medali Emas

Adapun beberapa kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan prodi Humas UBSI sepanjang tahun 2019 yakni pelatihan ‘Penulisan Jurnalistik Guna Mendukung Masyarakat Berliterasi Media (melek Media)’ di Karang Taruna, Pondok Cina, Depok, Jawa Barat.

“Sementara, pada tahun 2020 salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan yakni pelatihan ‘Public Speaking Virtual ditengah Pandemi Covid-19’ pada Majlis Talim Hidayatul Mubtadin dan pelatihan ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui E-Commerce’ kepada pengurus Mersi Fans Club, Tangerang,” tandasnya.

Ia berharap, kedepannya kegiatan pengabdian masyarakat prodi Humas kampus UBSI semakin berkualitas dengan beragam bentuk pelatihan serta keluaran yang semakin bermanfaat bagi masyarakat.

8 Maret 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *