Senin, Agustus 15, 2022

Cara Membuat Daftar Pustaka Berikut Contohnya!!!

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Cara Membuat Daftar Pustaka – Halo Sobat Sekolah!!! Saat membuat laporan baik itu makalah/tugas akhir/skripsi/tesis atau pun disertasi pasti tak lepas dari yang namanya membuat daftar pustaka.

Daftar pustaka merupakan suatu susunan tulisan di akhir sebuah karya ilmiah yang isinya berupa nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, dan tahun terbit. Fungsi dari daftar pustaka sendiri untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada para pembacanya. Selain itu, daftar pustaka juga memberikan informasi pembaca bahwa karya penulis merupakan hasil dari berbagai sumber.

Dengan adanya fungsi dari daftar pustaka, sangat penting untuk  mereka yang sedang menyusun laporan penelitian baik skripsi, tesis, ataupun laporan lainnya. Namun, tak jarang seorang peneliti dapat membuat daftar pustaka dengan baik.

Untuk itu, pada laman sobatsekolah.com ini akan menyajikan beberapa cara yang bisa dipahami oleh kalian, berikut yang bisa sobat lakukan untuk membuat daftar pustaka dikutip langsung dari ruangguru.com.

Cara Membuat Daftar Pustaka Dengan Baik dan Benar

1. Cara Membuat Daftar Pustaka Bersumber Dari Buku

Jika kamu menggunakan referensi dalam bentuk buku, format daftar pustaka yang harus disusun adalah:

[Nama belakang penulis, nama depan penulis. Judul buku (ditulis miring). Tempat kota terbit: penerbit, tahun terbit.]

Jika nama penulis ada dua orang, tulis nama penulis kedua tanpa terbalik dan dihubungkan dengan kata “dan”.

Contoh jika ditulis oleh satu orang: Tibi, Bassam. The Challenge of Fundamentalism. London: University Of California Press, 1998.

Contoh jika ditulis oleh dua orang: Dwipayana, Ari, dan Suroto Eko. Membangun Good Governance di Desa. Yogyakarta: IRE Press, 2003.

2. Cara Membuat Daftar Pustaka Bersumber Dari Jurnal

Jika kamu menggunakan jurnal sebagai sumber rujukan materi susunan penulisan daftar pustakanya adalah:

[Nama belakang penulis, nama depan penulis. “Judul artikel jurnal.” Nama jurnal volume, nomor/issue (tahun terbit): halaman.]

Contoh: Sulismadi. “Model Penguatan Kapasitas Pemerintah Desa.” Jurnal Sosial Politik dan Humaniora 05, no. 2 (2017): 217.

3. Cara Membuat Daftar Pustaka Bersumber Dari Website

Jika kamu mengambil rujukan dari suatu website di internet seperti artikel dan sebagainya, kamu bisa menggunakan format daftar pustaka:

[nama belakang penulis, nama depan penulis. “judul artikel” website artikel. Tanggal diakses. Link URL website.

Contoh: Ridlo, Muhamad. “Canggihnya Pilkades Sistem E-voting di Pemalang” www.liputan6.com. Diakses pada kamis 11 Oktober 2019. https://www.liputan6.com/regional/read/3634211/canggihnya-pilkades-sistem-e-voting-di-pemalang.

Nah itulah beberapa cara yang bisa sobat lakukan dalam pembuatan laporan penelitian yang bisa sobat pahami.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Yuk Ikuti Virtual Open House Nusa Mandiri, Agar Bisa Lebih Dekat Dengan FTI

SobatSekolah.com, Jakarta — Hallo Sobat Sekolah!!! Dalam rangka membangun masyarakat yang cerdas dan berwawasan di bidang ilmu komputer yang berkualitas,...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -