Kamis, November 24, 2022

Teks Eksplanasi : Berikut Contoh dan Artinya yang Wajib kamu Ketahui!!!

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Sobatsekolah.com – Halo sobat sekolah!!! Tahu kah kalian Teks Eksplanasi, sebelumnya, Pernahkah kalian mendengar pertanyaan seperti di bawah ini?

"Hai, kamu tahu gak rumahnya Lisa kan kebanjiran," ucap Vira.
"iyah, iyah aku dengar, kasihan ya Lisa dan keluarganya," ujarku.
"iyah, kasih, tapi gimana ya banjir itu bisa terjadi?? tanya Vira.

Nah, untuk kamu yang pernah dengar kejadian-kejadian seperti itu, pasti terkadang bingungkan kok bisa ya banjir itu, terjadi? gimana caranya? untuk menjawab pertanyaan di atas, ada salah satu teks yang bernama Teks Eksplanasi.

- Advertisement -

Baca Juga : Pengertian Teks Persuasi Lengkap Dengan Contoh dan 3 Syaratnya

Apa sih teks eksplanasi itu???

Teks Eksplanasi merupakan salah satu tulisan yang dapat memberikan jawaban terkait suatu fenomena, baik yang berhubungan dengan alam ataupun sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang dilansir dari ruangguru.com

Tujuan dari teks tersebut ialah untuk memberikan pehaman secara detail dan jelas kepada para pembaca, agar mereka paham dan mengerti pada fenomena yang terjadi. 

Struktur dari eksplanasi

- Advertisement -

Adapun struktur dari eksplanasi, yang dapat sobat pahami, ialah :

  1. Peryataan Umum/Identifikasi Fenomena, Bagian ini merupakan bagian yang mengidentifikasikan sesuatu yang akan dijelaskan secara umum. Biasanya pada bagian ini menggunakan jenis kata kopula yakni ialah dan adalah. 
  2. Sebab/Akibat, Setelah mengetahui gambaran umum dari tema yang dibahas, pada bagian ini akan bertujuan untuk memaparkan hubungan yang dibentuk atas suatu fenomena dan dampak (akibat) dari kejadian tersebut sehingga menjadi sebuah teks yang padu.
  3. Interpretasi, terakhir ialah simpulan dari pemaparan yang disampaikan pada bagian pertama dan bagian kedua. 

Contoh teks eksplanasi

BANJIR

Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama. Banjir dapat terjadi karena alam dan tindakan manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang.

Penyebab banjir karena tindakan manusia seperti perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir.
Sebagai akibat perubahan tata guna lahan, terjadi erosi sehingga sedimentasi masuk ke sungai dan daya tampung sungai menjadi berkurang.

Hujan yang jatuh ke tanah airnya akan menjadi aliran permukaan (run-off) di atas tanah dan sebagian meresap ke dalam tanah, yang tentunya bergantung pada kondisi tanahnya. Ketika suatu kawasan hutan diubah menjadi permukiman, hutan yang bisa menahan aliran permukaan cukup besar diganti menjadi permukiman dengan resistensi aliran permukaan kecil. Akibatnya ada aliran permukaan tanah menuju sungai dan hal ini berakibat adanya peningkatan debit aliran sungai yang besar.

Nah, itulah tadi arti dan contoh dari teks eksplanasi yang dapat sobat sekolah pahami, ada banyak pengertian teks lainnya yang bisa dapat sobat baca pada laman sobatsekolah.com ini, terus kunjungi lamannya ya sobat.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Makna Warna Seragam Sekolah dari SD hingga SMA, Penting Untuk Dicatat!!!

Sobatsekolah.com, Jakarta - Hallo sobat sekolah!!! Seragam sekolah merupakan salah satu pakaian yang wajib digunakan saat sekolah, pasalnya pakaian tersebut...

More Articles Like This

- Advertisement -