Sejarah Singkat Sumpah Pemuda

Sejarah Singkat Sumpah Pemuda 28 Oktober beserta Maknanya

Sejarah Singkat Sumpah Pemuda – 28 Oktober selalu diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda. Namun tahukah Sobat mengapa diperingati pada 28 Oktober? Untuk mengetahuinya, Sobat dapat menyimak informasi tentang sejarah Sumpah Pemuda, makna dan teks Sumpah Pemuda. Untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, Sobat juga dapat memilih salah satu quotes/kata ucapan selamat hari sumpah pemuda untuk di posting di media sosial.

Sejarah Singkat Sumpah Pemuda

Hari Sumpah Pemuda tidak terlahir begitu saja, melainkan melalui proses yang panjang sebagai salah satu sejarah yang perlu diketahui oleh setiap generasi penerus bangsa. Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tahunnya, tentu dapat membangkitkan semangat para pemuda di tanah air untuk terus berkarya dan memajukan bangsa Indonesia.

Sumpah Pemuda diawali dengan adanya Kongres Pemuda II yang digagas oleh PPPI (Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia). PPPI merupakan organisasi pemuda yang beranggotakan seluruh pelajar di Indonesia. Kongres dilaksanakan pada 3 gedung yang berbeda dan dilaksankaan dalam tiga kali rapat hingga menghasilkan teks Sumpah Pemuda.

Pada rapat ketiga yang dilaksanakan di Gedung Indonesische Clubhuis Kramat, Seoenario memberikan penjelasan tentang pentingnya nasionalisme dan demokrasi. Remelan juga turut menyampaikan bahwa gerakan kepanduan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari pergerakan nasional. Gerakan tersebut harus diterapkan sejak dini untuk mendidik anak-anak agar mandiri dan disiplin sebagai bagian dari proses perjuangan.

Hari Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda merupakan tekad dan semangat para pemuda di tanah air untuk meraih kemerdekaan dan terlepas dari penjajah. Sumpah pemuda dicetuskan pada 28 Oktober 1928 sebagai hasil dari Kongres Pemuda II pada 27-28 Oktober 1928. Oleh karena itu, setiap 28 Oktober diperingati sebagai hari sumpah pemuda.

Dengan diperingatinya hari Sumpah Pemuda maka diharapkan para pemuda dapat bangkit jiwa dan sikap nasionalismenya. Semangat sumpah pemuda juga dapat mengukuhkan rasa persatuan dan kesatuan serta memperluas berbagai upaya untuk tercapainya kemerdekaan Indonesia.

Makna Sumpah Pemuda

Hal terpenting dalam memperingati hari sumpah pemuda adalah setiap pemuda di tanah air dapat memaknai Hari Sumpah Pemuda. Adapun makna dari sumpah pemuda adalah sebagai berikut:

  • Menjaga keutuhan bangsa Indonesia
  • Meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air terutama pada kaum muda
  • Menyatukan para pemuda agar dapat menghargai perjuangan para pemuda
  • Menumbuhkan kebanggaan sebagai bagian dari Bangsa Indonesia
  • Menumbuhkan rasa cinta terhadap Bahasa Indonesia
  • Mengajak kaum muda untuk menjaga keutuhan bangsa

Teks Sumpah Pemuda

Sumpah Setia merupakan sebutan untuk lahirnya Sumpah Pemuda. Berikut adalah isi dari teks Sumpah Pemuda:

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia
  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
  3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunung bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia

Quotes/Kata Ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda

Salah satu cara untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda adalah dengan membagikan quotes/kata ucapan yang dapat membangkitkan semangat. Berikut beberapa quotes yang dapat Sobat gunakan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda:

  1. Dengan semangat Sumpah Pemuda, saatnya berikan kontribusi untuk mewujudkan Indonesia Maju. Selamat Hari Sumpah Pemuda!
  2. Selamat Hari Sumpah Pemuda untuk seluruh muda-mudi tanah air. Dengan sumpah yang sudah terucap, mari kita jalankan sumpah itu untuk Indonesia yang lebih baik.
  3. Mari menjaga sejarah para pemuda sebagai bagian dari kemerdekaan Indonesia. Berikan karya terbaik dengan semangat Sumpah Pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  4. Semangat Sumpah Pemuda sudah seharusnya dapat menghentikan keluh kesah. Para pemuda harus penuh dengan cita-cita dan mewujudkannya dengan kegigihan. Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  5. Soekarno pernah berkata “Berikan aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Berikan aku satu pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”. Selamat Hari Sumpah Pemuda!
  6. Kita harus bangga terlahir sebagai Bangsa Indonesia dengan bahasa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  7. Selamat Hari Sumpah Pemuda 2021. Dengan semangat para pemuda, janganlah berhenti untuk berkarya.
  8. Selamat Hari Sumpah Pemuda, mari kita bersatu untuk Indonesia.
  9. Semangat perjuangan masih terasa, mari singsingkan lengan dan baju untuk saling membahu memajukan bangsa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  10. Memaknai Sumpah Pemuda, maka perbedaan bukan halangan untuk bersatu. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

Kini Sobat sudah tahu tentang sejarah singkat sumpah pemuda beserta maknanya. Dengan semangat para pemuda, Sobat dapat memberikan kontribusi terbaik untuk keutuhan bangsa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda!

28 Oktober 2021
5

Penulis: Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan

5 comments on “Sejarah Singkat Sumpah Pemuda 28 Oktober beserta Maknanya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *