Jumat, September 23, 2022

Sejarah Hari Buku Nasional, Pelajar Indonesia Wajib Tahu Ini!!!

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Sobat Sekolah, Jakarta – Hallo Sobat Sekolah!!! Tahukah kamu peringatan hari buku nasional jatuh pada tanggal berapa??? Yup, 17 Mei 2022 merupakan hari buku nasional yang bertepatan dengan HUT Perpusnas ke-42.

Perayaan Hari Buku Nasional ini diperingati sebagai upaya Pemerintah Indonesia kepada Masyarakat dalam meningkatkan budaya literasi, salah satunya dengan membaca. Sebab, pada awal ditetapkannya peringatan hari tersebut, minat baca masyarakat Indonesia, khususnya para pelajar masih rendah.

Oleh karenanya, pada laman sobatsekolah.com ini akan mengulik sejarah hari buku nasional 17 Mei. Simak ulasannya, berikut ini.

Baca Juga : Sejarah Hari Kartini 21 April Untuk Mengenang Pahlawan Wanita Menjadi Pelopor Pendidikan

Sejarah Hari Buku Nasional

Dilansir pada laman merdeka.com, bahwa Hari Buku Nasional pertama kali diadakan pada tanggal 17 Mei 2002 yang dipelopori langsung oleh Menteri Kependidikan, Abdul Mailik Fadjar pada Kabinet Gotong Royong Presiden Megawati Soekarno Putri dan Hamzah Haz. Tak hanya itu, tanggal 17 Mei juga diperingati dengan berdirinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), tepatnya pada 17 Mei 1980 yang dilansir langsung dari website resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut data UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) pada 2002, tingkat melek huruf orang dewasa di Indonesia tidak mencapai 90%, hal ini berbanding terbalik dengan negara-negara lainnya yang berada di Asia Tenggara, seperti Vietnam dan Thailand yang telah mencapai 93%.

Baca Juga : Hari Guru Nasional, Simak Sejarahnya Disini!

Sementara itu, angka penjualan di Indonesia waktu itu masih terbilang cukup rendah, sebab hanya mencetak 18 ribu buku saja tiap tahun. Sangat berbeda dengan negara lainnya, seperti China dan Jepang yang telah mencapai lebih dari 40 ribu.

Kemudian, Berdasarkan laporan (Programme for International Students Assesment) PISA yang baru rilis, Selasa 3 Desember 2019, skor membaca Indonesia ada di peringkat 72 dari 77 negara, lalu skor matematika ada di peringkat 72 dari 78 negara, dan skor sains ada di peringkat 70 dari 78 negara.

Semoga dengan adanya peringatan Hari Buku Nasional ini, membuat antusias para pelajar untuk terus membaca dan terus memperdalam wawasan.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Universitas Nusa Mandiri Hadirkan Seminar Berskala Nasional Bersama IEEE WIE

Sobat Sekolah, Depok - Universitas Nusa Mandiri (UNM) hadirkan seminar berskala nasional bekerja sama dengan IEEE (Institute of Electrical...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -