Kamis, November 24, 2022

Kamu Memiliki Sifat Ekstrovert? Simak 7 Program Studi yang Cocok Untukmu

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Sobatsekolah.com – Hallo sobat sekolah, siapa nih di antara kalian yang memiliki sifat Ekstrovert??? Apakah kamu juga sedang mencari jurusan kuliah yang cocok dengan sifatmu?? Nah, yuk simak artikel di bawah ini.

Apa itu Ekstrovert??

Ekstrovert merupakan salah satu sifat kepribadian manusia. Kepribadian ini cenderung menikmati ruang bebas dan sangat senang bergaul, beda dengan introvert yang cenderung lebih suka menyendiri.

Ciri-ciri dari kepribadian satu ini, mereka lebih suka bergaul, suka keramaian, percaya diri dan cepat dalam mengambil keputusan. Nah, apakah kamu salah satunya?

- Advertisement -

Lalu, apa saja sih program studi yang cocok untuk orang memiliki kepribadian seperti itu? simak yuk ulasannya di bawah ini seperti dilansir dari kompas.com!!!

Baca Juga : Yuk, Simak! 6 Jurusan Kuliah Bagi Introvert Terbaik yang Cocok Untukmu

1. Ilmu Komunikasi

Jurusan pertama ada ilmu komunikasi, yup jurusan ini sangat cocok bagi yang memiliki sifat terbuka. Sebab, pada jurusan ini nantinya kalian akan diajarkan untuk menyampaikan pesan secara efektif dari komunikator kepada komunikan melalui berbagai media. Bukan hanya itu, kamu juga akan diajarkan berkomunikasi dengan berbagai tingkatan dari individu hingga komunikasi di media sosial.

- Advertisement -

Wah, gimana nih pasti tergiur kan? eitsss tunggu dulu, ada hal menarik lainnya nih, jika kamu berjiwa ekstrovert dan senang dengan sosial media. Banyak pekerjaan yang bisa kamu dapatkan, kamu bisa menjadi jurnalis, penyiar, digital marketing dan masih banyak yang lainnya.

2. Public Relation

Jurusan kedua yang juga cocok untuk kamu ialah Public Relation. Public Relation atau Hubungan Masyarakat merupakan jurusan yang mempelajari pengelolaan komunikasi perusahaan kepada pihak eksternal (masyarakat, pemerintah, investor dll) dan internal (karyawan).

Jurusan yang menggabungkan teori ilmu komunikasi dan konsep hubungan masyarakat ini juga mempelajari cara membangun hubungan kepada publik dengan baik. Adapun dalam public relation ini juga memiliki beberapa prospek kerja, antaranya Public Relation, Graphic Designer, Dosen dan Content Writer.

3. Broadcasting

Selanjutnya, di jurusan ketiga yang cocok untuk para ekstrovert ialah jurusan broadcasting, jurusan ini mempelajari perencanaan produksi konten, proses siaran radio dan televisi, teknik pengambilan gambar dan olah suara, serta penggunaan aplikasi multimedia.

Prospek kerjanya pun tak kalah menarik dari dua jurusan di atas, antaranya dapat menjadi  pembawa berita (news anchor), tim creative, reporter, produser, script writer, sutradara, camera person, floor director, program director, penata cahaya, penata musik, editor dan masih banyak lagi.

4. Advertising

Jurusan periklanan juga menjadi salah satu jurusan yang cocok untuk kalian yang memiliki sifat terbuka. Jurusan advertising merupakan bidang keilmuan yang mempelajari bagaimana cara menerapkan strategi kreatif dalam periklanan melalui desain komunikasi visual, animasi, ilustrasi, sketsa serta topografi periklanan.

Selain itu, jurusan advertising juga memiliki banyak prospek kerja dan tidak hanya sebagai public relation saja melaiankan  dapat menjadi copy writer, analis riset pasar dan pemasaran, penyiar, influencer dan lain sebagainya.

Baca Juga : Ingin Jadi Pegawai Negeri Sipil? 4 Jurusan Kuliah ini Berpeluang Besar Jadi PNS

5. Sastra Inggris

Sastra inggris juga kerap menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh para ekstrovert. Pasalnya pada jurusan ini prospek kariernya bukan hanya sebagai penerjemah atau sastrawan melainkan dapat menjadi tour guide, guru bahasa asing, dosen bahkan konsultan pendidikan.

Hal tersebut didapatkan, karena dalam jurusan sastra inggris mereka akan diajarkan cara  mempelajari bahasa Inggris dari sisi linguistik dan sastra secara mendalam. Tak hanya itu, di jurusan sastra inggris juga akan membahas kebudayaan negara-negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.

6. Administrasi Bisnis

Jurusan lainnya yaitu administrasi bisnis, jurusan ini juga sangat cocok untuk kaum ekstrovert. Sebab, pada jurusan ini akan mempelajari tentang hal yang berhubungan dengan operasional bisnis.

Prospek kerjanya juga sangat menjajikan, tak hanya bisa mengurus operasional perusahaan saja, melainkan ada banyak prospek kerja lainnya, antara lain dapat menjadi tata usaha, bagian personalia, wirausaha, dosen dan lainnya.

7. Perhotelan

Terakhir jurusan yang tak kalah kerennya dari keenam jurusan di atas dan cocok untuk kamu yang berjiwa ekstrovert, yup jurusan perhotelan. Jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang baik salah satunya dapat bekerja di hotel sebagai karyawan atau menjadi manager hotel.

Tentunya, bukan itu saja program studi perhotelan juga memiliki beberapa prospek kerja lainnya, yaitu sebagai Tour Guide, Event Planner, Manajer Restoran, Room Sales Manager, Pengusaha dan Wedding Organizer.

Sebab, pada jurusan ini akan diajari cara memproduksi makanan dan minuman, manajemen front office (resepsi), manajemen rumah tangga, keuangan (keuangan), penjualan dan pemasaran (penjualan dan pemasaran), dan manajemen acara.

Nah, itulah tadi 6 program studi yang cocok untuk para ekstrovert, adakah salah satu jurusan di atas yang menjadi minat kalian?? Tetap semangat Sobat!!!

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Makna Warna Seragam Sekolah dari SD hingga SMA, Penting Untuk Dicatat!!!

Sobatsekolah.com, Jakarta - Hallo sobat sekolah!!! Seragam sekolah merupakan salah satu pakaian yang wajib digunakan saat sekolah, pasalnya pakaian tersebut...

More Articles Like This

- Advertisement -