Minggu, Agustus 14, 2022

Inilah 7 Ketentuan Seleksi SNMPTN 2022 yang Harus Dicatat!

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Ketentuan Seleksi SNMPTN – Hallo sobat sekolah!!! SNMPTN menjadi salah satu jalur masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh siswa tingkat SMA/SMK/MA kelas XII atau sedang berada di tingkat akhir masa sekolah.

Meski terbilang cukup berat namun jalur ini sangat menjanjikan dimana siswa maupun siswi yang mengikuti jalur ini akan masuk ke PTN yang diinginkan jika dinyatakan lolos. Adapun persiapan yang perlu dipersiapkan selain kesehatan mental, kesehatan fisik, kemampuan dalam menjawab pertanyaan saat SNMPTN, memiliki nilai rapor yang baik, dan masih banyak persiapan lainnya. Tak lupa juga adapun beberapa  ketentuan saat seleksi SNMPTN dimulai.

Baca Juga : SNMPTN 2022? Yuk, Catat Jadwalnya Disini!!!

7 Ketentuan Seleksi SNMPTN 2022

1. Sekolah Melakukan Pemeringkatan Siswa

Ketentuan seleksi SNMPTN pertama yakni, Sekolah akan melakukan pemeringkatan siswa berdasarkan beberapa kriteria diantaranya akreditasi sekolah dan nilai rapor semester 1-5. Pemeringkatan ini dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa nilai diantaranya :

  1. Jurusan IPA : Matematika, Bahasa Indonesia, Kimia, Fisika, Bahasa Inggris, dan Biologi.
  2. Jurusan IPS : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geogrofi.
  3. Jurusan Bahasa : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan Salah Satu Bahasa Asing.

2. Kualifikasi Individu atau Prestasi Siswa

Seleksi SNMPTN yang dilakukan oleh LTMPT didasari pada prinsip yaitu untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan melihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya yang sebanding dengan program studi yang dipilih.

Bagi sobat yang sering mengikuti kegiatan di luar sekolah seperti perlombaan baik dalam tingkat Nasional hingga Internasional dan mendapatkan sertifikat. Maka, sertifikat tersebut akan memiliki peran penting dalam penilaian SNMPTN.

3. Akreditasi Sekolah

Penentuan pendaftaran SNMPTN dapat ditentukan dari akreditasi sekolah. Bagi yang memiliki akreditasi A akan diberikan kuota 40% siswa terbaik. Sementara itu, bagi sekolah yang memiliki nilai akreditasi B diberikan kuota 25% siswa terbaik, dan bagi sekolah yang memiliki akreditas C diberikan kuota 5% siswa terbaik.

Baca Juga : Cek Yuk, Jadwal Kegiatan SNMPTN 2021

4. Penambahan Kriteria oleh Sekolah

Bukan hanya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) saja yang memiliki kriteria yang ditetapkan kepada peserta SNMPTN saja melainkan sekolah juga diberikan kesempatan untuk memberikan penambahan kriteria. Contohnya, prestasi akademik apabila ada siswa yang memiliki nilai yang sama.

5. Terdapat Perbedaan Pada Penilaian PTN

Setiap PTN pasti memiliki kebijakan masing-masing dalam menentukan kriteria penilaian SNMPTN. Contohnya seperti dilansir dari ugm.ac.id, kriteria penilaian yang diterima melalui jalur SNMPTN di Universitas Gadjah Mada (UGM) mencakup hasil nilai rapor, rangking sekolah, prestasi non-akademik siswa, prestasi alumni sekolah selama kuliah di UGM, rasio pendaftar dan yang diterima tahun lalu, track record sekolah, serta hasil Ujian Nasional (sebelum dihapuskan).

6. Tahapan Seleksi SNMPTN

Bagi perserta yang lolos,  maka tahap selanjutnya yakni seleski SNMPTN, Seleksi akan dilakukan dalam dua tahapan yaitu:

  1. Siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi
  2. Siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

7. Portofolio Untuk Program Studi Bidang Seni dan Olahraga

Selain 6 (enam) ketentuan seleksi SNMPTN 2021 di atas, terdapat 1 (satu) ketentuan seleksi SNMPTN  penting lainnya yakni portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah bagi kamu yang berminat mendaftarkan diri ke program studi bidang seni dan olahraga.

Nah itulah tadi tujuh ketentuan seleksi SNMPTN bagi kamu yang berminat melanjutkan studi dan ingin meraih Perguruan Tinggi Negeri yang mengambil jalur SNMPTN.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Yuk Ikuti Virtual Open House Nusa Mandiri, Agar Bisa Lebih Dekat Dengan FTI

SobatSekolah.com, Jakarta — Hallo Sobat Sekolah!!! Dalam rangka membangun masyarakat yang cerdas dan berwawasan di bidang ilmu komputer yang berkualitas,...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -