Keistimewaan Hafidz Quran

Bikin Merinding, Inilah Keistimewaan Hafidz Quran!

Keistimewaan Hafidz Quran – Sudah tidak asing lagi bagi kalian dengan mendengar kata Hafidz Qur’an. Hafidz/Hafidzoh Qur’an merupakan sebutan yang diberikan kepada setiap umat muslim yang menghafalkan Al-Qur’an,

Kata hafidz sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti pengingat atau pelindung. Menghafal Al-Quran tentunya menjadi hal yang sangat luar biasa karena terdiri dari 30 Juz, 144 surat, dan 6.666 ayat. Lalu, apa saja keistimewaannya? Yuuks simak ulasan berikut.

  • Diangkat Derajatnya.

Yang Pertama, semakin sempurna hafalan Al-Quran seseorang maka akan semakin tinggi derajatnya. Sebagaimana disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi bahwasannya “ siapa saja yang menghafal Quran akan diangkat derajatnya lebih tinggi di surga.”

  • Dimuliakan Orangtuanya.

Bukan hanya Hafidz/Hafidzoh Quran saja yang dimuliakan, namun kedua orangtuanya pun memperoleh kemuliaan dari Allah SWT. Hal itu juga dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al Hakim dimana wujud dari pemberian kemuliaan itu adalah pemakaian jubah kemuliaan dan mahkota dari cahaya. Hal itu menjadi apresiasi karena telah melahirkan dan membesarkan Hafidz/Hafidzoh Quran.

  • Dijadikan Imam saat Sholat Berjamaah.

Hafidz Quran akan terlebih didahulukan sebagai imam Sholat berjamaah. Berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Muslim terdapat seseorang yang  paling berhak menjadi imam, yaitu yang paling banyak hafalan Al-Qurannya. Jika hafalan Quran mereka sama, pada dahulukan dengan yang paling paham dengan sunnah.

  • Menjadi Keluarga Allah SWT di Dunia.

Penghafal Quran akan selalu diberi kemudahan dalam segala hal karena mereka telah diistimewakan disisi Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad bahwasanya “Allah memiliki keluarga antara manusia”.

  • Peluang untuk Studi Lanjut dengan berbagai Beasiswa.

Para hafidz Quran memiliki banyak kesempatan untuk studi lanjut di berbagai jenjang pendidikan. Beasiswa yang diberikan juga akan didasarkan pada banyaknya hafalan yang dimiliki. Kesempatan juga terbuka lebar untuk para Hafidz/Hafidzoh Quran agar dapat duduk di bangku kuliah.

Salah satu kampus yang memberikan apresiasi tinggi kepada para Hafidz/Hafidzoh Quran adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Nusa Mandiri. Melalui program beasiswa Talenta, para Hafidz/Hafidzoh Quran dapat memperoleh beasiswa pendidikan hingga 100%.

Keistimewaan diatas hanya sebagian kecil dari keistimewaan yang dimiliki oleh para Hafidz/Hafidzoh Quran. Sungguh Hafidz/Hafidzoh Quran sangat diistimewakan baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Juli 18, 2020

Penulis: Eka Rahmawati

Memiliki minat di content writer, membuat saya ingin terus berkarya untuk membuat berbagai konten yang menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *