Ibu Diyah Eko Bangga Terhadap Siswanya - SMAN 1 Kramat

Ibu Diyah Eko Bangga Terhadap Siswanya; SMAN 1 Kramat

Ibu Diyah Eko Bangga Terhadap Siswanya; SMAN 1 Kramat – Salah satu fitrah manusia adalah saling tolong menolong antar sesama. Kita yang saat ini diberi kemampuan lebih seperti materi dan ilmu adalah kewajiban kita untuk membantu orang lain yang saat ini sedang membutuhkan, meskipun apa yang kita beri tidak seberapa. Namun bisa jadi, bagi orang yang kita bantu itu sangat berharga.

Sikap berbagi bukan hanya ditunjukkan pada sesuatu yang terlihat saja, namun bisa juga terhadap emosi yang ada pada diri seseorang. Misalnya kebahagiaa. kita bisa berbagi kebahagiaan kepada orang lain dengan cara berbagi senyuman orang lain juga ikut tersenyum. Kita harus percaya bahwa berbagi itu indah.

Ibu Diyah Eko Bangga Terhadap Siswanya; SMAN 1 Kramat

Ketika malam itu, Ibu Diyah Eko A.K., S.Pd. M.Pd salah satu guru di SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal  dapat pesan melalui whats’app dari salah satu muridnya. Isi pesan tersebut, berupa izin untuk membuat sebuah kegiatan penggalangan donasi untuk masyarakat yang terdampak covid-19.(23/4/20)

Baca Juga; Beasiswa Kuliah S1 STMIK Nusamandiri Gelombang 2

Ibu Diyah Eko Bangga Terhadap Siswanya; SMAN 1 Kramat
Foto bersama siswa SMAN 1 Kramat

Isi pesan dari siswa dalam bahasa Jawa:

“Asssalamualaikum bu sugeng ndalu ngapunten ganggu ndalu ndalu Bade nderek taken bu,menawi niki kelas 12 bade ndamel acara donasi kagem tiyang tiyang sing  ngapuntene sing kirang mampu kalih tiyang tiyang sing kena dampak ekonomine corona pripun bu,kinten kinten menurut bu guru angsal nopo mboten?. Matursuwun bu assalumualaikum”.

Isi pesan dari siswa dalam bahasa Indonesia:

“Assalammualikum bu selamat malam, maaf mengganggu malam- malam. Mau tanya bu, kalau kelas dua belas ini mau buat acara donasi untuk orang- orang yang kena dampak ekonomi, corona bagaimana bu, Kira- kira menurut bu guru boleh apa tidak?. Terima kasih bu assalamualaikum”.

Setelah usai membaca pesan tersebut, Ibu Diyah langsung mengucurkan air mata. Bukan air mata kesedihan, melainkan air mata kebahagiaan karena melihat jiwa kemanusiaan dari siswa didiknya.

“Maka ketika malam itu aku dapat chat via WA dari salah satu anakku. Saat  itu juga hatiku serasa terharu dan tak terasa air mata basahi pipiku” ungkapnya.

Ketika itu dengan penuh rasa bangga, Ibu diyah mengizinkan siswanya untuk mengadakan kegiatan donasi tersebut.

”tentu saja boleh, kenapa tidak. Kebaikan akan ibu dukung sepenuhnya” tambahnya.

Ibu Diyah Eko Bangga Terhadap Siswanya; SMAN 1 Kramat
Siswa mengumpulkan sembako untuk masyarakat yang terdampak covid-19

Ibu Diyah sangat tersentuh hatinya, karena anak- anak yang selama ini beliau anggap cuek, dan semaunya sendiri, ternyata memiliki inisiatif yang sungguh mulia. Mereka  tergerak hatinya untuk membantu masyarakat yang terkena dampak ekonomi dari wabah Covid 19 yang sedang melanda dunia ini.

Selama ini ibu Diyah berusaha untuk dekat dengan mereka (siswanya), dekat dengan anak- anak dari hati ke hati mampu bangun emosi untuk memberikan pendidikan karakter yang kita inginkan.

“Pada dasarnya anak akan lebih mudah kita kendalikan bila kita dekati dengan hati. Sebagai guru tidak hanya menyampaikan materi saja dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran dengan hati akan lebih mengena” pungkasnya.

Siswa kelas dua belaspun kemudian menggalang donasi dari teman- teman angkatan 2019/ 2020 SMA N 1 Kramat Kabupaten Tegal.

Segala sesuatunya mereka persiapkan sendiri. Dari belanja, pengepakan hingga sasaran distribusi, mereka yang tentukan. Dengan mengikuti saran dan petunjuk dari Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, dan Ibu Diyah sendiri.

Kegiatan distribusi sembako supaya tidak berkerumun banyak orang, maka dilakukan dengan membentuk kelompok kecil.  Mereka berpencar berbagi tugas. Tiap kelompok yang terdiri dari empat orang, dua orang menemukan sasaran, dua orang membawa bingkisannya. Sehingga tidak sampai terjadi kerumunan masyarakat.

Kegiatan berbagipun berjalan dengan lancar, tak lain berkat usaha Ibu Diyah, Siswa dan jajaran staff sekolah SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal.

Ibu Diyah Eko Bangga Terhadap Siswanya; SMAN 1 Kramat
Pembagian masker gratis oleh siswa

Hidup tidak selalu tentang ‘memiliki’, tapi juga ‘berbagi’. Setiap orang belum tentu baik, tetapi selalu ada kebaikan pada diri manusia.

Berbagi kepada sesama memberi jiwa rasa damai. Berbagi dengan tulus tanpa pamrih memberikan perasaan suka cita.

Semoga yang mereka lakukan akan menjadi jalan menuju kesuksesan, Aamiin Yaa Robbal Alamiin.

Juni 8, 2020
8

Penulis: Irwan Herliawan

8 comments on “Ibu Diyah Eko Bangga Terhadap Siswanya; SMAN 1 Kramat”

  1. barakallah , kegiatannya sangat positif semoga bisa menjadi contoh untuk yang lain nya. selalu berbuat kebaikan🙏🏻

  2. Indahnya berbagi,, semoga bermanfaat bagi yang menerimanya,, dan semoga yang mereka lakukan akan menjadi jalan menuju kesuksesan.. aminn

  3. Kegiatan yang bagus sekali inilah penerus bangga yang patut Qt banggakan yang mempunyai nilai nilai kemanusiaan yang tinggi mau membantu sesama..good siswa siswi SMA 1 Negeri Kramat kabupaten Tegal😉👍👍

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *