Senin, Agustus 15, 2022

Helo Gelar Helo Campus Bersama MAFINDO

Must Read

Jakarta, SobatSekolah – Helo bersama MAFINDO gelar Helo Campus demi wujudkan kemudahan mengakses dan menyebarkan berbagai informasi di media sosial menjadikan literasi digital semakin penting untuk dimiliki oleh semua orang, termasuk generasi muda. Untuk mendorong peningkatan literasi digital, Helo, platform digital terintegrasi untuk hiburan, informasi terkini, dan komunitas ini berkolaborasi dengan MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) untuk mengadakan rangkaian webinar bertajuk Helo Campus yang diikuti oleh lebih dari 600 mahasiswa di seluruh Indonesia.

Literasi digital masyarakat yang belum merata dianggap menjadi salah satu penyebab utama penyebaran hoaks atau berita palsu. “Masih banyak masyarakat yang mengacuhkan tanda-tanda berita palsu, antara lain sumber informasi yang tidak jelas, menyulut emosi atau provokatif, argumen ilmiah yang tidak berdasar, isi yang memelintirkan fakta, dan tercantum ajakan untuk viralkan informasi tersebut. Butuh kerjasama yang komprehensif dari berbagai pihak untuk mengedukasi masyarakat tentang literasi digital ini,” kata Aribowo Sasmito, MAFINDO.

Baca juga: Webinar Guru Digital 2021 Series 3 Siap Hadir Dalam Meningkatkan Potensi Siswa

Helo Campus

Program Helo Campus yang berlangsung beberapa waktu lalu ini memberikan pemahaman dasar mengenai literasi digital dan cara menghadapi berita palsu atau hoaks di tengah infodemik yang meningkat selama pandemi ini. Helo, bersama dengan MAFINDO, akan berbincang dengan ratusan mahasiswa dari Jakarta, Bandung, Medan, dan Surabaya tentang pentingnya memberikan informasi yang akurat dan kredibel serta mencegah terjadinya penyebaran hoaks.

“Beberapa tips sederhana untuk bersikap baik menghadapi hoaks perlu terus diingatkan, terutama ke generasi muda yang bisa membantu meningkatkan literasi digital orangtuanya. Antara lain dengan membaca berita secara menyeluruh, mencari sumber berita, menahan diri untuk menyebarkan berita yang meragukan, serta menelahaan manfaat penyebaran informasi tersebut ke orang lain,” lanjut Aribowo.

Program yang berlangsung secara virtual ini juga dihadiri oleh sejumlah kreator konten ternama, seperti Analisa Widyaningrum, Cania Citta, Wahyu Wiwoho, dan Haifa Inayah. Kehadiran para kreator konten ini diharapkan bisa menginspirasi peserta tentang cara mengunggah dan membagikan konten yang positif dan akurat.

Baca juga: Nusa Mandiri Innovation Center Adakan Webinar Untuk Maba UNM, Demi Bantu Wujudkan Inovasi Terbaik

“Sebagai platform digital yang mendorong terjadinya diskusi dan kreasi konten antar pengguna, Helo ingin terus bisa memberikan informasi dan inspirasi yang kredibel, sekaligus mengajak pengguna untuk tetap bijak dalam berkreasi. Program Helo Campus kami harapkan bisa menjadi pengingat hal-hal sederhana seputar literasi digital yang bisa menjaga lingkungan digital yang aman dan nyaman bagi semuanya,” kata Indira Melik, Country Head of Operations, Helo Indonesia.

Program Helo Campus ini merupakan kelanjutan kerjasama Helo Indonesia dengan MAFINDO untuk kampanye #CekFakta. Informasi selengkapnya mengenai program Helo Campus dapat diakses di link berikut https://s.helo-app.com/al/TckFQUrQTR. (Umi)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Yuk Ikuti Virtual Open House Nusa Mandiri, Agar Bisa Lebih Dekat Dengan FTI

SobatSekolah.com, Jakarta — Hallo Sobat Sekolah!!! Dalam rangka membangun masyarakat yang cerdas dan berwawasan di bidang ilmu komputer yang berkualitas,...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -