ASUS VivoBook 14 A416, Laptop Tepat untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Selain buku, laptop merupakan perangkat pembelajaran daring yang begitu penting dan sangat membantu para pelajar dan mahasiswa. Namun, memilih laptop yang tepat dapat menjadikan pembelajaran daring lebih efisien, salah satunya laptop ASUS VivoBook 14 A416.

WFH-ASUS-VivoBook-14-A416
sumber: asus.com

Bukan hanya pelajar dan mahasiswa, para pekerja yang diharuskan bekerja dari rumah juga membutuhkan laptop yang tepat. Hal itu dikarenakan masing-masing laptop memiliki spesifikasinya masing-masing yang bisa mendukung atau tidaknya saat bekerja.

Baca Juga: Tanya Veronika Asisten Virtual

Tips Memilih Laptop Terbaik untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Di samping ponsel yang kini banyak dimiliki pelajar di semua jenjang karena adanya pembelajaran jarak jauh akibat pandemi, peran laptop juga tidak bisa disembunyikan. Perangkat yang satu ini memiliki banyak fungsi yang mendukung PJJ, mulai dari pengetikan, desain, presentasi, dan yang lainnya.

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa menggunakan ponsel pintar saja cukup, tetapi perlu diketahui bahwa ada beberapa aktivitas yang mengharuskan menggunakan laptop. Untuk itu, Anda perlu membeli laptop jika ingin pembelajaran jadi lebih lancar.

Agar kegiatan belajar secara daring menjadi lebih efisien dan tidak terganggu karena masalah perangkat, berikut tips memilih laptop yang tepat untuk Anda.

1. Menyesuaikan Kebutuhan

Setiap pelajar dan mahasiswa yang menggunakan laptop pasti punya kebutuhannya masing-masing. Contohnya saja para mahasiswa jurusan desain grafis atau teknik komputer dan yang lainnya, pasti membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Tampilan ASUS VivoBook 14 A416
sumber: asus.com

Memilih laptop dengan hanya memperhatikan desainnya saja tidak cukup, karena desain bagus belum tentu sesuai dengan kebutuhan. Alih-alih mendapatkan laptop yang cocok dengan jenis pekerjaan, Anda justru tidak dapat mengoptimalkan penggunaannya.

Tak hanya itu, salah memilih laptop juga menyebabkan Anda menyia-nyiakan fitur di dalamnya karena kurang sesuai. Untuk itu, alangkah lebih baiknya untuk memperhatikan kebutuhan terlebih dahulu yang kira-kira cocok menggunakan laptop tertentu.

Apakah membutuhkan daya baterai yang mumpuni, laptop dengan layar lebar, atau kebutuhan yang lainnya.

2. Spesifikasi

Kriteria selanjutnya yang harus diperhatikan saat memilih laptop untuk belajar adalah memperhatikan spesifikasinya. Membeli laptop yang tepat salah satunya adalah karena spesifikasinya baik dan tentunya cocok dengan kebutuhan.

Misalnya, untuk mahasiswa desain grafis pasti akan membutuhkan laptop dengan kapasitas memori yang lebih besar. Salah memilih spesifikasi malah bisa membuat laptop overload data.

Selain itu, mahasiswa yang membutuhkan laptop untuk pemrograman atau para programmer juga pasti membutuhkan laptop dengan daya baterai tahan lama, karena prosesnya tentu memakan waktu yang tidak sebentar.

Pelajar SMA dan SMP tidak perlu membeli laptop dengan spesifikasi terlalu tinggi, karena akan sia-sia dan harganya pun pasti akan mahal. Selain beberapa spesifikasi tersebut, perhatikan spesifikasi lainnya yang kiranya membantu Anda saat belajar.

3. Harga

Ketika sudah menemukan laptop dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan namun harganya terlalu tinggi, maka akan kembali menjadi masalah. Untuk itu, solusinya Anda harus menetapkan range harga laptop incaran terlebih dahulu.

Pilih laptop di kisaran harga yang sudah ditetapkan, namun jangan mengabaikan spesifikasinya. Jangan sampai Anda terlalu muluk menuntut spesifikasi yang baik, namun tidak sesuai dengan dana yang dimiliki.

Jangan juga terlalu mementingkan harga murah, karena laptop yang terlalu murah bisa jadi kurang sesuai dengan yang Anda harapkan. Semakin tinggi spesifikasi yang ditetapkan, maka akan semakin mahal harganya.

4. Kenyamanan

Kriteria yang satu ini merupakan selera masing-masing orang, karena kriteria kenyamanan masing-masing individu berbeda. Pilih laptop dengan memiliki keyboard atau touchpad yang nyaman untuk Anda, jangan hanya terpaku desain.

Menemukan laptop yang nyaman di zaman sekarang tidak sulit dengan adanya berbagai macam merek laptop yang bisa dipilih, salah satunya ASUS VivoBook 14 A416. Keyboard atau touchpad yang nyaman tidak akan membuat jari cepat lelah saat digunakan.

5. Hardware

Untuk media pembelajaran, laptop dengan hardware yang tepat akan lebih lancar jika digunakan. Pilih laptop dengan kapasitas RAM minimal 2 GB agar tidak lemot dan cepat dioperasikan. RAM yang besar cenderung membuat kinerja laptop juga lebih cepat, sehingga belajar terasa nyaman.

Pemrosesan data juga akan lebih cepat dengan adanya kapasitas memori hardisk yang lebih besar. File-file yang memiliki ukuran besar cenderung akan mengisi memori lebih banyak, sehingga perlu ruang yang besar.

KB-ASUS-VivoBook-14-A416
sumber: asus.com

Selain itu, daya baterai juga harus tahan lama, minimal bisa bertahan selama 8 jam. Karena proses pembelajaran dan bekerja secara daring tentu menghabiskan banyak waktu di depan layar.

6. Memiliki Garansi

Garansi sangat dibutuhkan masing-masing orang yang membeli suatu barang, terutama alat-alat elektronik. Dengan memiliki garansi dari laptop yang sudah dibeli, Anda tak perlu khawatir jika suatu saat laptop yang dibeli rusak dalam jangka waktu pendek setelah pembelian.

Jangan sampai laptop Anda rusak dan tidak bisa diperbaiki, padahal baru membelinya. Anda akan rugi dan membuang-buang uang, serta hal itu bisa menjadi kendala pada saat pembelajaran jarak jauh.

Bagaimana Memilih Laptop yang Bagus untuk Work From Home (WFH)?

 

Tak hanya laptop untuk para pelajar dan mahasiswa saja yang perlu pemilihan tepat, melainkan para pekerja yang bekerja di rumah juga memerlukan laptop yang mampu mendukung pekerjaan dengan baik.

belajar-ASUS-VivoBook-14-A416
sumber: asus.com

Para pekerja yang bekerja dalam tim, pasti memerlukan laptop terbaik untuk digunakan dalam panggilan video berjam-jam yang menguras daya dan tenaga.

Laptop biasa saja tentu kurang cocok untuk aktivitas ini, karena semuanya berpindah di rumah dan Anda harus menyediakan perangkat sendiri, serta tidak lagi menggunakan komputer perusahaan yang pastinya sudah disetting lebih baik.

Sedikit berbeda dengan tips memilih laptop untuk para pelajar, berikut tips memilih laptop yang tepat untuk digunakan sebagai perangkat work from home.

1. Perhatikan Kualitas Monitor

Perangkat WFH yang tepat akan membuat pekerjaan lebih lancar, terutama saat melakukan panggilan video menggunakan laptop. Agar kualitas gambar lebih baik, pilih laptop dengan kualitas monitor yang tinggi.

Salah satu laptop yang direkomendasikan karena memiliki kualitas monitor yang baik adalah laptop dengan jenis layar IPS. Laptop dengan jenis layar tersebut dinilai dapat menjadikan penggunanya lebih rileks, terutama dapat mengatur posisi duduk setelah berjam-jam bekerja.

Laptop dengan jenis layar tersebut memungkinkan Anda tidak perlu menggeser-geser posisi laptop agar membuatnya lebih nyaman.

2. Perhatikan Kualitas Kamera

Tak hanya jenis monitor saja yang perlu diperhatikan, kamera yang digunakan untuk panggilan video juga harus baik, yakni kamera web high definition (HD). Anda bisa memilih laptop dengan kamera tersebut jika memang banyak menghabiskan waktu untuk panggilan video.

Anda juga bisa mengutamakannya jika dibandingkan dengan laptop berspesifikasi tinggi namun memiliki kualitas kamera yang kurang bagus. Sebelum membeli laptop, pastikan laptop tersebut dapat mendukung resolusi HD.

3. Baterai Tahan Lama

Kendala lain setelah masalah jaringan saat WFH adalah baterai laptop habis dan listrik sedang mati. Memakai laptop dengan daya baterai yang cepat terkuras juga kurang nyaman, karena harus bolak-balik mengisi daya.

Untuk itu, sangat disarankan untuk membeli laptop dengan kapasitas baterai yang cukup besar, agar saat listrik mati masih bisa digunakan, terutama saat masih rapat.

4. Kapasitas RAM Besar

Untuk Anda yang bekerja dengan mengandalkan kecepatan, laptop dengan RAM besar pasti sangat dibutuhkan. Laptop dengan RAM yang besar akan menjadikan kinerjanya lebih cepat dan lebih gesit, sehingga pengoperasiannya pun lebih efektif.

Laptop dengan RAM kecil akan lebih cepat penuh, terutama saat Anda membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. RAM yang penuh menjadikan laptop cepat memanas dan kinerja laptop melambat.

Di beberapa kasus, kinerja laptop yang melambat menjadikan aktivitas terganggu, bahkan sampai menghilangkan data yang sudah ditulis, terlebih saat dalam aplikasi tidak ada fitur auto saved.

Laptop yang Cocok untuk Belajar dan Bekerja dari Rumah? ASUS VivoBook 14 A416 Jawabannya!

Design-ASUS-VivoBook-14-A416
sumber: asus.com

Ada banyak merek laptop di Indonesia yang cocok untuk para pelajar, mahasiswa, dan para pekerja yang diharuskan melakukan aktivitas di rumah, karena pandemi belum berakhir. Namun, ketidaktahuan mengenai spesifikasi laptop tertentu bisa jadi masalah, terutama takut salah memilih.

Jika membutuhkan rekomendasi laptop berdasarkan tips-tips di atas yang sudah diikuti, ulasan berikut bisa Anda ikuti agar lebih mantap saat membelinya.

ASUS VivoBook 14 A416 adalah salah satu laptop yang sangat direkomendasikan bagi para pelajar, mahasiswa, maupun para pekerja yang bekerja secara daring. Laptop tersebut dirancang sedemikian rupa agar bisa mendukung aktivitas daring lebih baik.

Brand laptop yang sudah mendunia ini menawarkan perangkat laptop yang diyakini paling ringkas di seantero dunia. Laptop ini dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp4,7 jutaan hingga Rp10,7 jutaan tergantung spesifikasinya masing-masing.

Laptop ini cocok dipilih untuk pembelajaran dan pekerjaan secara daring karena beberapa alasan, di antaranya:

1. Sangat Ringkas

ASUS VivoBook 14 A416 diklaim sebagai laptop teringkas di dunia bukan tanpa alasan, melainkan adanya teknologi NanoEdge Display yang digunakan. Bobotnya yang hanya mencapai 1600 gram serta ketebalan hanya 19,9 mm menjadikannya sangat ringan dan mudah dibawa.

Teknologi yang dimiliki laptop ini membuat bezel layar yang dimilikinya mampu tampil sangat tipis, dengan screen-to-body ratio mampu mencapai 82%. Bukan hanya itu saja, laptop ringan 14 inci ini juga memiliki resolusi mencapai Full HD sehingga lebih jernih.

Lapisan anti-glare dan sudut pandang hingga 178o membuat mata akan lebih rileks saat belajar dan bekerja, sehingga dapat mengurangi mata kelelahan dan mata minus, mengingat belajar dan bekerja tidak dilakukan dalam sehari saja.

2. Nyaman Digunakan

Menggunakan ASUS VivoBook 14 A416 untuk belajar atau bekerja akan terasa nyaman dengan adanya keyboard yang telah dibekali dengan backlit, terutama dalam keadaan gelap. Desain lebih kokoh dengan key travel sejauh 1,4 mm membuatnya sangat nyaman ketika digunakan untuk mengetik.

Lebih jauh lagi, beberapa varian laptop ini juga memiliki fingerprint sensor yang dapat digunakan sebagai keamanan biometrik. Sistem ini dinilai lebih praktis jika dibandingkan dengan penggunaan password yang bisa diretas kapan saja.

3. Konektivitas Terbaik

Bekerja dan belajar dari rumah melalui panggilan video juga lebih maksimal dengan adanya kamera tunggal yang menghasilkan kualitas gambar dan video jernih. Microsoft Office Pre-Installed yang sudah tersedia di laptop ini membuat Anda lebih hemat, karena tak perlu membeli software office lagi.

Software tersebut sangat penting, mengingat laptop Anda nantinya akan digunakan untuk bekerja dan belajar yang membutuhkan software pengolah kata, angka, dan yang lainnya. Anda juga dapat terbebas dari malware karena Microsoft Office Home & Student 2019 di laptop ini terus diupdate.

Fitur konektivitas yang dimilikinya pun sangat mendukung, mulai dari adanya HDMI, USB Type-C, combo audio jack, serta USB Type-A di dalamnya. Konektivitas nirkabel Wi-Fi 5 (802.11ac) memudahkan Anda terhubung dengan jaringan internet untuk proses pembelajaran dan bekerja.

Pengiriman data dari perangkat ke perangkat juga lebih cepat dan mudah dengan adanya Bluetooth 4.1 yang dimilikinya.

4. Lebih Kuat

Meskipun dijuluki sebagai laptop yang ringan dan tipis, ia tetap kuat karena mempunyai konstruksi yang tangguh. Keseluruhan konstruksi bodi dibuat dari bahan logam, seperti yang menyusun rangka layar serta chasis utamanya.

Saat perangkat terguncang, getaran akan diserap dengan adanya E-A-R HDD pada VivoBook 14 (A416) ini, sehingga HDD di dalamnya bisa diselamatkan.

5. Lebih Gesit

Proses belajar, bekerja, berselancar di internet, hingga menikmati konten multimedia dengan laptop yang gesit membuat kita tidak merasa bosan. Hal itu bisa Anda nikmati dengan memakai seri ASUS yang satu ini, karena telah dilengkapi dengan prosesor hingga 10th Gen Intel Core dan fitur modernnya.

Bahkan prosesor Intel Core i5-1035G1 dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread dan 3,6 GHz boost clock bisa Anda dapatkan pada varian tertingginya. Untuk Anda yang membutuhkan performa grafis ekstra juga bisa memilih varian yang memiliki chip grafis NVIDIA GeForce MX330.

Menjalankan software photo atau video editing serta game kasual menjadi lebih gesit dengan adanya chip grafis tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memilih laptop dengan konfigurasi hardware yang sesuai kebutuhan, seperti memori DDR4 yang dapat di-upgrade hingga kapasitas 12 GB.

Bukan hanya soal kecepatannya saja yang luar biasa, ASUS VivoBook 14 A416 juga memiliki kapasitas penyimpanan terbaik dengan dua jenis penyimpanan, yaitu M.2 PCIe serta 2.5” SATA. Anda juga bisa menyematkan HDD serta SSD pada laptop yang memiliki konfigurasi tertentu.

6. Solusi Masalah dengan MyASUS

Alasan terakhir mengapa VivoBook 14 A416 tepat dipilih adalah adanya MyASUS yang sudah terinstal secara otomatis. Aplikasi bawaan ini bisa menjadi tempat untuk memantau status laptop, sekaligus dapat melakukan troubleshooting.

Perbaikan laptop secara otomatis dapat dilakukan dengan mudah dengan adanya fasilitas pemindaian sistem laptop dan trouble finding. Saat laptop rusak dan hendak menggunakan garansi, Anda juga dapat melihat status garansi terlebih dahulu di aplikasi ini.

Agar aktivitas menjadi lebih produktif, Anda bisa menghubungkan perangkat smartphone dengan VivoBook 14 A416 melalui fitur Link to MyASUS. Dengan fitur ini laptop dapat menampilkan pesan serta pemberitahuan yang masuk pada ponsel pintar Anda.

Lebih canggih lagi, Anda bisa melakukan panggilan telepon melalui perangkat laptop secara langsung. Berbagi file dari laptop ke ponsel atau sebaliknya juga jadi lebih mudah dengan adanya fitur berbagi file di aplikasi MyASUS ini.

Laptop ASUS VivoBook 14 A416

Setelah mengetahui apa saja tips memilih laptop terbaik untuk WFH dan PJJ, langkah selanjutnya Anda bisa mengeksekusi laptop mana yang hendak dibeli. Untuk rekomendasi, ASUS VivoBook 14 A416 sangat tepat dipilih karena banyak kelebihan yang dimilikinya.

16 Januari 2021

Penulis: Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *