Makhluk Hidup

Pembahasan 1 : Mengenal Ciri-ciri Makhluk Hidup – Materi Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7

Mengenal Ciri-ciri Makhluk Hidup – Halo sobat sekolah!!! Bicara mengenai makhluk hidup atau makhluk bernyawa  pastinya kalian sudah paham betul akan jenis-jenis makhluk bernyawa itu apa saja. Diantaranya ada Manusia, Hewan dan Tumbuhan. Ketiga makhluk tersebut memiliki karakteristik atau ciri-ciri yang sama antara Manusia, Hewan dan Tumbuhan.

Sebelum menjelaskan Karakteristik ataupun Ciri-Ciri dari tiap makhluk, disini akan diberikan pemaparan sedikit berupa arti dari tiap makhluk bernyawa tersebut.

Pertama ada Manusia. Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang Maha Esa yang memiliki bentuk yang sangat sempurna dibandingkan dengan makhluk bernyawa lainnya. Manusia juga dapat diartikan sebagai makhluk individu sekaligus makhluk sosial, yang memiliki ciri khas, keunikan, dan karakter yang berbeda-beda.

Kemudian yang kedua ialah Hewan. Hewan merupakan \binatang atau satwa yang seluruh atau sebagian dari siklus hidupnya berada di darat, air, dan/atau udara, baik yang dipelihara maupun yang ada di habitatnya.

Dan yang terakhir ialah Tumbuhan. Tumbuhan merupakan sumber daya alam nabati atau bagian-bagiannya yang sebagian atau seluruh siklus hidupnya berada di dalam lingkungan darat dalam keadaan hidup.

Nah, bagaimana nih sobat apakah sudah paham pengertian dari Manusia, Hewan dan juga Tumbuhan kan? Sekarang kita lanjut ke pembahasan lain yakni mengenal karakteristik ataupun ciri-ciri dari Manusia, Hewan dan Tumbuhan.

Baca Juga : Inilah 5 Filosofi Hujan Untuk Memaknai Arti Kehidupan

Karakteristik Atau Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Makhluk bernyawa memiliki beberapa ciri-ciri diantaranya sebagai berikut, seperti di lansir dari idschool.net:

1. Bernapas

Makhluk Hidup
Foto : Bernapas

Bernapas merupakan salah satu fungsi dasar yang dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Proses fisiologis ini bertujuan dalam menyediakan asupan oksigen (O2) untuk keperluan metabolisme tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida (CO2) yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh.

2. Bergerak

Bergerak adalah proses perpindahan tempat dari posisi awal ke posisi akhir. Tak hanya, Manusia dan Hewan saja yang dapat bergerak melainkan tumbuhan pun dapat bergerak dengan cara menggerakkan daun untuk tumbuh ke arah sumber cahaya.

3. Membutuhkan Nutrisi

Selayaknya makhluk hidup membutuhkan nutrisi atau makanan. Hal ini dimaksudkan agar tubuh tidak kehilangan energi untuk beraktivitas. Selain itu, nutrisi juga dapat diartikan sebagai zat yang menyediakan bahan untuk pertumbuhan dan perbaikan tubuh, serta untuk menjaga kesehatan  dan sistem kekebalan pada tubuh.

4. Berkembang Biak

Makhluk Hidup
Foto : Berkembang Biak

Berkembang Biak adalah proses makhluk hidup dalam memperbarui keturunan untuk mempertahankan atau memelihara spesiesnya. Selain itu untuk mempertahankan jenis ( spesies ) di alam agar tidak punah.

Baca Juga : Kehidupan Manusia yang Terbagi Dalam Ruang dan Waktu

5. Peka Terhadap Rangsang

Peka terhadap rangsang atau bisa disebut dengan iritabillitas merupakan kemampuan makhluk hidup untuk menanggapi rangsangan. Rangsang dapat berupa sentuhan, cahaya matahari, air, zat kimia, suhu, dan gravitasi bumi. Hewan dan manusia dilengkapi dengan alat indra untuk menanggapi rangsang.

6. Mengeluarkan Zat Sisa

Ekresi ataupun proses mengeluarkan zat sisa ialah Proses pengeluaran zatzat sisa hasil metabolisme dari dalam tubuh mencakup pengeluaran urine, feses, pernapasan, dan keringat. Fungsi dari mengeluarkan zat sisa ini ialah untuk menstabilkan tubuh agar tetap sehat. Jika tidak dikeluarkan maka tubuh akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

7. Tumbuh dan Berkembang

Makhluk Hidup
Foto : Tumbuh dan Berkembang

Tumbuh atau berkembang hal ini dapat diartikan sebagai bertambahnya ukuran pada tubuh baik berat maupun tinggi. Contoh tumbuh pada hewan, yakni pertumbuhan ayam dimulai dari telur ayam yang menetas menjadi anak ayam. Lalu, tumbuh menjadi ayam dewasa. Semua makhluk hidup mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan menjadi dewasa.

28 September 2021
10

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

10 comments on “Pembahasan 1 : Mengenal Ciri-ciri Makhluk Hidup – Materi Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *