Ekstrakurikuler Teater

Pembahasan 2. Keuntungan Ikut Ekstrakurikuler Teater

Pembahasan 2. Keuntungan Ikut Ekstrakurikuler Teater – Halo sobat sekolah, kemarin sore pada laman sobat sekolah ini telah membahas mengenai fakta menarik teater dimulai dari pengertian teater, unsur-unsur teater sampai dengan jenis teater. Nah, pada kesempatan kali ini mimin akan melanjutkan kembali dari ulasan kemarin, tentang keuntungan mengikuti Ekskul Teater.

Selain, memang ekskul teater merupakan ekskul yang memiliki sejuta peminat, dan mengajarkan kita untuk percaya diri karena kita dituntut untuk tampil di depan umum. Ada beberapa hal yang menjadi keuntungan dalam mengikuti kegiatan ekskul teater, diataranya yakni.

Baca Juga : Pembahasan 1. Simak Fakta Menarik Ekskul Teater di Sekolah Mu!

10 Keuntungan Mengikuti Ekstrakurikuler Teater

1. Bisa Terkenal di Sekolah

Ekstrakurikuler Teater
Foto : Ilustrasi Siswa Terkenal di Sekolah

Keuntungan yang pertama yaitu jika mengikuti kegiatan ekskul teater, dapat terkenal di sekolah, bukan hanya mengikuti ekskul basket saja yang dapat terkenal di sekolah. Namun, dalam mengikuti ekskul teater kita juga dapat terkenal. Karena bagi yang mengikuti ekskul ini, pastinya dituntut untuk tampil dalam acara sekolah. Contohnya, seperti PenSi (Pentas Seni), Ulang Tahun Sekolah, atau acara yang lainya. Hal ini menjadikan para anggota ekstrakurikuler teater menjadi terkenal.

2. Memperbanyak Kenalan

Selain terkenal, bagi siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler teater juga dapat menambah teman loh, bukan hanya dari satu kelas saja bahkan bisa satu sekolah atau malah satu yayasan. Sedikit cerita nih, dulu mimin pernah ikut kegiatan ekskul teater yang mana anggota nya tuh tidak hanya berasal dari sekolah mimin saja (SMK Nusantara 1) tapi ada juga yang berasal dari SMK Nusantara 2, SMA Nusantara bahkan ada yang SMP Nusantara loh. Wah seru kan. Nah, maka dari itu jika di sekolah mu ada ekstrakurikuler teater, coba untuk mengikuti kegiatan tersebut.

3. Melatih Keberanian

Melatih keberanian juga merupakan salah satu keuntungan dari mengikuti kegiatan ekstrakurikuler teater. Nah, jadi nih kalian yang sangat pemalu di kelas nya coba ikut kegiatan ini. Karena mimin pun aslinya pemalu tapi karena dengan ikut ekskul teater, mimin jadi berani dan percaya diri. Selain itu, dengan mengikuti kegiatan ekskul teater, kita dilatih untuk terbiasa dengan tekanan dan menjadikan pribadi yang kuat. Dan yang paling penting berani tampil di depan umum.

4. Mengenal Diri Sendiri

Dari ekstrakurikuler teater ini kita dapat mengenal diri kita sendiri. Karena, dengan memerankan tokoh pada pergelaran teater, ntah kita akan menjadi tokoh fiktif, benda mati ataupun dari kerajaan. Nah, dari situlah kita dapat mengetahui perbedaan dan persamaan di diri kita dengan peran yang kita mainkan.

5. Percaya Diri

Keuntungan selanjutnya, yaitu kita akan belajar untuk percaya diri. Dengan sering tampil di beberapa acara sekolah dan tampil di hadapan banyak orang, maka pelan-pelan didalam tubuh kita akan tertanam rasa percaya diri.

Baca Juga : Kenali 5 Sikap Self Appreciation Untuk Meningkatkan Kehidupan Lebih Baik

6. Mencintai Diri Sendiri

selain kita akan mengenal diri sendiri, pada ekstrakurikuler teater ini, kita juga akan diajarkan untuk menerima diri sendiri. Dengan kita percaya diri lalu mengenal diri sendiri, maka lambat laun kita juga akan mencintai diri sendiri atas kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

7. Mudah Beradaptasi

Ekstrakurikuler Teater
Foto : Ilustrasi Mudah Beradapttasi

Pada Ekskul Teater, kita juga dididik untuk lebih memahami orang-orang disekitar kita. Bukan hanya sekedar mengenal saja, tapi lebih mengetahui kepribadian dari watak teman-teman kita. Selain itu, kita juga diajarkan bagaimana kita harus berperilaku dan supel dihadapan banyak orang.

8. Pengalaman Sekali Seumur Hidup

Kenapa disebut demikian? karena setelah kita lulus dari SMP, SMK atau Kuliah belum tentu kita akan menemukan ekstrakurikuler yang memiliki banyak manfaat. Selain itu, di ekskul teater ini kita jadi menemukan banyak pengalaman unik dan seru yang tidak akan terlupakan, walau kita sudah tua nanti.

Baca Juga : Mahasiswa Baru? Nah Berikut 5 Tips Mudah Beradaptasi di Kampus yang Bisa Kamu Aplikasikan!

9. Dapat Menahan Emosi

Di Ekstrakurikuler ini juga diajarkan untuk memerankan beberapa peran, tidak hanya peran protagonis saja kadang kala juga akan diajarkan sebagai peran antagonis. Nah, pada tahap inilah kita akan belajar menahan emosi kita, kapan harus meluapkan emosi dan kapan juga kita harus riang.

10. Melatih Diri Jadi Artis

Ekstrakurikuler Teater
Foto : Iqbaal Ramadhan (Pemain Film ACDS)

Nah, ini nih salah satu manfaat paling ditunggu-tunggu apalagi kalau bukan, melatih diri menjadi artis. Siapa sih yang tidak bercita-cita menjadi artis? Pasti semua orang jika ditanya mau jadi artis gak? sudah pasti jawabannya, mau. Secara, jadi artis itu selain menjadi kan kita terkenal, penghasilan kita pun lumayan. Selain itu fungsi utama dari ekskul teater sendiri yakni,  belajar mengenai dasar-dasar akting.

30 Maret 2021
10

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

10 comments on “Pembahasan 2. Keuntungan Ikut Ekstrakurikuler Teater”

  1. Banyak bgt yaa keuntungan mengikuti ekstrakulikuler teater nya, salah satu nya menjadi pribadi yg percaya diri 😊

  2. Betul banget, waktu sekolah ikut teater kita benar2 dilatih untuk punya percaya diri yg maksimal padahal aslinya pemalu 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *